Agam

Save Maninjau, Pemkab Agam Goro Massal

Maninjau, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam bersama masyarakat menggelar goro massal membersihkan Danau Maninjau dalam rangka “Save Maninjau”.

Pemkab Agam mengerahkan aparatur pemerintah mulai dari seluruh SKPD, pegawai kecamatan sampai nagari.

wabuppGoro massal itu langsung dipimpin oleh Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria. Meskipun cuaca sedikit gerimis tidak menyurutkan sedikitpun semangat dari para pejuang “Save Maninjau”.

Aksi sosial yang dilakukan sejak pukul 09:00 WIB sampai siang itu dimulai dari sepanjang pesisir bibir danau sampai ke dalam lokasi Keramba Jaring Apung (KJA) masyarakat. Tepatnya di sepanjang pesisir danau di Jorong Rumbai Nagari Koto Malintang, Kamis (22/12).

Tidak sampai disitu, Wabup bersama jajaran SKPD dan tokoh masyarakat langsung melakukan pemantauan ke sejumlah Keramba Jaring Apung milik masyarakat yang kotor ataupun tidak layak untuk dipakai.

Di lokasi KJA, Wabup langsung turun dari kapal dan mengambil bongkahan demi bongkahan enceng gondok yang bersarang di tepi-tepi KJA untuk dibersihkan.

Wabup mengajak masyarakat untuk sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan danau dan diminta untuk rutin dalam melakukan pembersihan terutama kebersihan di lingkungan keramba.

“Saya meminta agar masyarakat untuk tidak membiarkan dulu kerambanya tercemar, baru dibersihkan. Apalagi sejenis eceng gondok sangat mudah dan cepat untuk tumbuh dan akibatnya bisa merusak danau,” terang Wabup.

Terkait kelebihan kuota KJA, putra asli Nagari Sungai Batang itu, meminta masyarakat untuk membongkar KJA-KJA yang tidak layak lagi dipakai demi terjaganya ekosistem air dan bisa meminimalisir tumbuhnya tumbuhan yang bisa merusak air seperti eceng gondok.

“Kita bukan melarang saudara untuk berkeramba di danau, namun program “Save Maninjau” ini substansinya adalah untuk mengendalikan kuota keramba yang sudah berlebih. Untuk itu sangat dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk hal itu demi keselamatan danau maninjau,” harap Trinda Farhan Satria.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top