Hukum dan Kriminal

HMZ, Terduga Teroris di Payakumbuh, Sumber Dana Pembuat Bom

Payakumbuh, KABA12.com — Terduga jaringan teroris Solo yang ditangkap Densus 88 Antiteror Polri di Kelurahan Balai Nan Duo, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Rabu (21/12) pagi tadi, merupakan jaringan Abi Zaid yang diindikasi sebagai pemasok dana untuk membeli bahan-bahan bom.

JT alias HMZ (37) diduga berperan membeli bahan-bahan yang diperlukan oleh teroris Abi Zaid untuk membuat bom. Ia juga menjadi salah satu sumber pendanaan pembuatan bom kelompok Abi Zaid.

Kapolres Payakumbuh AKBP Kuswoto mengatakan, HMZ ditangkap pada salah satu bengkel mobil Koto Nan Ampek di Jalan Soekarno-Hatta, yang mana lokasinya tersebut merupakan tempat pelaku bekerja. “Tersangka terlibat Jaringan Teroris Solo, sedangkan kawan-kawannya yang lain sudah ditangkap November 2015 lalu.” Ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh KABA12.com, Densus 88 bersama Polres Payakumbuh dan Polres 50 Kota, serta Polda Sumbar, mengamankan sejumlah barang bukti berupa buku, paket, ransel, GPS (Global Positioning System), handphone, dan buku rekening. Selain itu, petugas juga melakukan penggeledahan di rumah kontrakan tersangka di Kelurahan Sungai Pinago Tanjuang Gadang Payakumbuh Barat, lokasi tersebut berjarak sekitar 500 meter dari tempat ia bekerja.

Setelah ditangkap, pelaku langsung dibawa ke Padang oleh Tim Densus 88 bersama Satuan Brimob Polda Sumatera Barat.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top