News Lokal

Puhun Pintu Kabun Wakili Bukittinggi Penilaian KG PKK-KB-KES Tk.Provinsi

Bukittinggi, KABA12.com —– Kelurahan Puhun Pintu Kabun Kecamatan Mandiangin Koto Selayan mewakili Kota Bukittinggi pada penilaian Kesatuan Gerak PKK-KB-KES 2016 tingkat Provinsi Sumatera Barat.

img-20161219-wa0052Kedatangan rombongan Tim penilai pada Senin (19/12) siang, yang diketuai Bakhrizal Basir, MM., disambut hangat oleh Walikota Ramlan Nurmatias, Sekdako Yuen Karnova, Ketua TP-PKK kota Ny. Yesi Ramlan, Wakil Ketua TP-PKK Ny. Khadijah Irwandi, Ketua DWP Ny. Is Yuen Karnova, tokoh masyarakat, serta Kepala SKPD, Camat, Lurah dan kader.

Dalam arahannya Bakhrizal mengungkapkan, Ada empat program yang akan kita lihat. Gerakan PKK-KB-KES , Posyandu, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta lingkungan bersih dan sehat (LBS).

“Penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian, peran serta dan komitmen seluruh stake holder kota untuk aktif dalam pemberdayaan masyarakat, penurunan angka kematian ibu dan bayi serta meningkatkan partisipasi pasangan usia subur mengikuti program KB.” Jelas Bakhrizal.

Sementara Ketua TP-PKK Ny. Yesi Ramlan dalam ekspos nya mengungkapkan lima strategi telah dilakukan untuk menggerakkan empat program capaian. Mulai menggerakkan lini lapangan dasawisma, menggandeng forum kota sehat, bekerjasama dengan univesitas dan perguruan tinggi, melakukan kerjasama dengan Kemeterian Agama, serta menggandeng SKPD terkait.

“Dari strategi yang telah kita terapkan itu, hingga kini kita telah memiliki dasawisma di setiap kelurahan yang berjumlah 1.060 dasawisma, dan beranggotakan 5.300 orang.” Paparnya.

Disisi lain, Walikota Bukittinggi mengatakan, sebagai kota wisata Bukittinggi tidak dari masalah kebersihan. Karena Hal itu telah diterapkan mulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, dasawisma, dan kelurahan.

“Kesatuan gerak PKK-KB-Kes merupakan langkah strategis, dimana PKK di seluruh tingkatan memberikan dukungan dan berperan aktif dalam mencapai sasaran dan target. Yaitu penciptaan kondisi masyarakat bahagia, sejahtera dan bekualitas. Jadi oleh karena itu kita optimis, Bukittinggi siap untuk dinilai dan menjadi juara.” Harapnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top