News Lokal

Pesantren se Sumbar Tolak YPP Bentukan Hary Tanoe

Padang Panjang, KABA12.com — Pimpinan Pondok Pesantren se Sumatera Barat, mengadakan pertemuan di Diniyah Putri Padang Panjang, Sabtu (10/12). Pertemuan tersebut membahas konsolidasi terkait aktifitas Yayasan Peduli Pesantren (YPP) bentukan Hary Tanoe.

Dari masukan seluruh unsur pimpinan pondok pesantren dan undangan lainnya, dihasilkan pernyataan bersama, “Penolakan terhadap segala bantuan dari YPP kepada Pondok Pesantren yang ada di Sumatera Barat.”

Gerakan serta aksi yang diprakarsai dan difasilitasi oleh Perguruan Diniyah Puteri ini membuahkan pernyataan tegas dan penentuan sikap bersama untuk menjaga kehormatan (izzah) Pesantren dan umat Islam secara .

fb_img_1481412276580“Kami, para unsur pimpinan Pesantren ini bukan ingin sombong dengan tidak mau menerima bantuan apa saja dari Hary Tanoe, tapi ini terkait harga diri Pesantren dan Islam di Indonesia,” tegas Ustadz M. Syukron, Lc Kepala SMPIT Darul Hikmah Kota Padang Panjang.

Nampak hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua MUI Sumatera Barat H.Gusrizal Gazahar, Lc. Hal ini semakin menguatkan semangat kebersamaan unsur pimpinan di Pondok Pesantren se Sumatera Barat untuk merapatkan saf dalam menyikapi permasalahan YPP besutan Hary Tanoe ini.

Selain itu H. Ilham. Lc, Pimpinan Pondok Pesantren Thawalib Parabek, mengungkapkan ketegasan untuk menolak YPP tersebut.

“Dulu saja ditahun 70 an guru2 kita sempat menolak bantuan dari Belanda utk pembangunan gedung STH Parabek, masa sekarang utk bersuara mengatakan ” menolak ” saja tidak bisa..Ini dia suara Pondok Pesantren Sumatera Barat dalam penolakan YPP yg digagas Hary Tanoe. Semoga kita satu suara.” tegasnya.

Pernyataan sikap resmi dari Suara Pondok Pesantren Se Sumatera Barat ini dibacakan oleh Fauziah Fauzan,SE,Akt,Msi , dan ditandatangani bersama oleh seluruh unsur pimpinan Pondok Pesantren termasuk dari ketua MUI Sumbar, Buya H.Gusrizal Gazahar,MA. Selain itu, dalam pertemuan tersebut menghasilkan keputusan untuk mendirikan badan wakaf bagi kemandirian pesantren kedepannya. Peserta menghimbau pimpinan ponpes di luar Sumbar (Sumatera) untuk membuat pernyataan serupa.

Sebelumnya, Minggu (04/12) lalu, Hary Tanoesudibyo, pimpinan partai perindo, meresmikan Yayasan Peduli Pesantren (YPP), di Jakarta. Hary Tanoe sapaan akrab Hary Tanoesoedibjo berharap dengan diluncurkannya Yayasan Peduli Pesantren, dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top