Khazanah

Sabar Tuntutan Allah Menghadapi Bencana

Khazanah, KABA12.com — Hidup terkadang dianugerahi dengan sesuatu hal yang tidak kita duga. Terkadang didalam hidup banyak hal yang dilalui, baik suka maupun duka. Secara umum, kehidupan yang dilalui di muka bumi ini merupakan anugerah yang diberikan Allah kepada umatnya sebagai jembatan untuk mencapai keridhaan-Nya.

Akan tetapi, didalam perjalanan banyak dari umat manusia yang lari seakan lupa akan tujuannya di dunia ini. Oleh karena itu, untuk mengingatkan akan kekuasaa-Nya, Allah SWT memberikan peringatan terhadap sekelompok manusia dalam berbagai ancaman bencana atau musibah. Hal ini, dilakukakan agar umat manusia dituntut untuk bersabar. Seperti firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 146.

Artinya : Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena BENCANA yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.

Dari ayat di atas, Allah telah meyerukan agar umat manusia tidak lemah dan putus asa terhadap bencana yang menimpa mereka. Karena disanalah Allah SWT menguji tingkat kesabaran dan keimanan yang dimiliki umat-Nya.

Semoga dengan adanya bencana yang menimpa menjadi cambuk sekaligus langkah awal untuk memupuk keimanan dan kesabaran serta rasa peduli akan sesama.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top