Agam

Banjir Rendam Tiku V Jorong

Tiku, KABA12.com — Dampak hujan lebat tidak hanya menyebabkan longsor dan meruntuhkan rumah penduduk di beberapa kecamatan di kabupaten Agam.

Hujan lebat berkepanjangan juga menyebabkan banjir besar yang merendam ratusan rumah penduduk dan ribuan hektar tanaman kelapa sawit di kecamatan Tanjung Mutiara.

Banjir hebat Senin (05/12) merendam wilayah Tiku V Jorong kecamatan Tanjung Mutiara sampai ke perbatasan kecamatan Ampek Nagari. Banjir kiriman dari Batang Antokan dan Batang Masang menjadi langganan di wilayah tersebut apalagi jika curah hujan tinggi di wilayah hulu khususnya Lubuk Basung dan Ampek Nagari.

Banjir yang memutuskan akses transportasi warga menuju dan dari wilayah Tiku V Jorong, menyebabkan terhentinya aktivitas masyarakat termasuk kegiatan pendidikan.

Kepala BPBD Agam Bambang Warsito kepada KABA12.com menjelaskan, banjir di wilayah pemukiman warga dan areal perkebunan di Tanjung Mutiara mulai terjadi Senin dini hari pasca hujan dengan intensitas tinggi terjadi beberapa hari terakhir.

Pihak BPBD Agam di lapangan sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan. Pihaknya sudah menyiapkan berbagai perangkat baik perahu karet maupun speedboat untuk evakuasi dan penanganan lapangan.

img-20161205-wa0037Sejauh ini debit air banjir masih terbilang tinggi mengingat saat bersamaan dengan curah hujan tinggi juga pasang purnama sehingga volume air laut tinggi di wilayah tersebut.

“Kita prediksi banjir masih mengancam kawasan tersebut mengingat curah hujan masih tinggi dan air laut juga tinggi sehingga wilayah banjir yang berada di kawasan pantai itu menjadi titik temu dua arus air besar, ” sebut Bambang.

Saat ini pihak BPBD Agam sudah siaga lapangan bersama perangkat pendukung untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top