News Lokal

Tekan Kasus Kenakalan Remaja, Sekolah Lakukan Sosialisasi Kepada Orangtua

Agam, KABA12.com — Guna menekan Kasus kenakalan remaja, Sekolah Dasar (SD) Negri 04 Sikabu Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam menggelar Sosialisasi kepada orangtua Murid, Kamis (01/12).

Kepala SDN 04 Sikabu , Syamsiar M.Pd mengungkapkan, bahwa Sosialisasi ini bertujuan untuk menekan kenakalan remaja.

“Semua ini dilakukan sekolah untuk mengantisipasi dan memberi pengetahuan kepada orang tua, serta didik tentang kasus kenakalan remaja, seperti penyalahgunaan Narkoba, penggunaan rokok yang tidak hanya menyasar remaja namun sudah menyentuh kalangan anak-anak, serta kebrutalan remaja sekarang ini yang mesti dijauhi.” Ungkapnya.

Syamsiar menambahkan, Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi batas yang sewajarnya. Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya.

Menurut Kepala SDN 04 Sikabu tersebut, hal itu dipicu oleh beberapa faktor seperti kurangnya kasih sayang orang tua, kurangnya pengawasan dari orang tua, pergaulan dengan teman yang tidak sebaya, serta peran dari perkembangan iptek yang berdampak negatif dan banyak lainnya.

Ia menjelaskan bahwa dalam penggunaan Narkoba banyak Dampak negatifnya dimana Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi Over Dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk meneriman akan bisa menyebabkan kematian. Sementara, dampak langsung narkoba bagi kejiwaan dan mental manusia, diantaranya menyebabkan depresi mental, gangguan jiwa berat atau psikotik dan lainnya.

Oleh karena itu, Kepala SDN 04 Sikabu ini mengharapkan perhatian dari orang tua dalam hal apapun , yakni Adanya pengawasan dari orang tua yang tidak mengekang. Kemudian Pengawasan yang perlu dan intensif terhadap media komunikasi seperti tv, internet, radio, handphone.

Tidak hanya itu saja, hal lain yakni perlunya bimbingan kepribadian di sekolah, karena disanalah tempat anak lebih banyak menghabiskan waktunya selain di rumah, serta perlunya pembelanjaran agama yang dilakukan sejak dini, seperti beribadah dan mengunjungi tempat ibadah sesuai dengan iman kepercayaannya, ujar Kepala SDN 04 Sikabu tersebut.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top