MTQ KE-37

MTQ Ke-37 Kabupaten Agam Dimulai

Agam, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-37 tingkat Kabupaten yang dipusatkan di Kecamatan Lubukbasung mulai 13 – 16 November 2016.

img-20161114-wa0002Pembunyian sirine oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, didampingi Bupati Agam Indra Catri, Wakil Bupati Trinda Farhan, menandai dimulainya pelaksanaan MTQ yang dilaksanakan di Lapangan Gor Rang Agam, Minggu (13/11) malam.

Menurut Camat Lubukbasung yang bertindak selaku ketua umum panitia MTQ, Helton bersama pihaknya telah mempersiapkan berbagai kelengkapan agar MTQ dapat berlangsung sukses dan lacar.

“Pada pelaksanaan MTQ ke-37 ini, dilaksanakan 10 cabang perlombaan dan akan diikuti oleh 1.118 orang kafilah dari 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Agam. Mulai dari pemondokan dan sarana perlombaan sudah kita siapkan, mudah-mudahan tidak ada kendala yang berarti selama pelaksanaan MTQ,” ungkap Helton, dalam laporannya pada pembukaan MTQ.

Sementara Kepala kantor kementrian Agama Hendri selaku Wakil Ketua LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Agam menyebutkan, semangat masyarakat untuk mempelajari kitab suci Al-Qur’an semakin hari semakin meningkat hal itu tidak terlepas dari visi dan misi Kabupaten Agam mandiri, Madani dan berprestasi.

“Kabupaten Agam telah meraih beberapa kali prestasi pada MTQ tingkat provinsi sebelumnya. Dengan adanya kegiatan MTQ ini secara merata dapat membumikan Al-Quran.” ujarnya.

img-20161114-wa0001Menurut Bupati Agam Indra Catri, kegiatan ini adalah kebanggaan daerah dan dapat menjadi semangat dan marwah bagi seluruh masyarakat Agam.

“Pemerintah telah memasukkan visi dan misi Bupati, Agam BISA. Sehingga kegiatan MTQ telah kita sempurnakan, dimana pelaksanaanya dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Nagari, Kecamatan hingga tingkat Kabupaten.” Jelas Bupati Agam.

Indra Catri menambahkan, melalui kegiatan MTQ ini diharapkan akan muncul Qori dan Qoriah terbaik secara terseleksi, yang akan mewakili Agam pada perlombaan MTQ tingkat Provinsi di Kota Pariaman nantinya. Tidak hanya itu pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat Agam sebagai masyarakat yang cinta Al quran, agamais dan hafiz Al-Quran.

Apresiasipun juga disanjungkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit yang mengatakan bahwa Agam selalu berprestasi di bidang apapun, apalagi dalam bidang keagamaan. “Di dalam pelaksanaan agama kita di provinsi juga memberikan visi untuk mewujudkan Sumbar yang Madani dan sejahtera. Mensejahterakan masyarakat dengan agama, adat dan berbudaya.” Tutur orang nomor dua di Sumatera Barat.

img_20161113_224222Ratusan khafilah ini nantinya akan mengikuti perlombaan di 14 lokasi yang berbeda, dan akan dinilai oleh 61 orang dewan hakim. Qori dan Qoriah terbaik dari kegiatan ini nantinya mendapatka kesempatan untuk mewakili Kabupaten Agam di MTQ tingkat provinsi 2017 mendatang.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });