News Lokal

Sambut HUT ke 232, Bukittinggi Akan Gelar Lomba Marchingband Sumatera

Bukittinggi, KABA12.com — Setelah mengadakan persiapan beberapa bulan lalu, akhirnya Pemko Kota Bukittinggi melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disikpora) bekerjasama dengan Persatuan Drumband Indonesia (PDBI)  akan menggelar Lomba Drumband dan Marchingband tingkat Sumatera, pada 14-15 Desember 2016 jam 09.00 -16.00 WIB, di Lapangan Wirabraja Kantin Kodim 0304 Agam Bukittinggi.
Perlombaan akbar kali ini ditergetkan akan diikuti oleh lebih 30 tim drumband dan marchingband favorit di pulau Sumatera dan Sumatera Barat. Ajang ini diadakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bukittinggi ke-232 Tahun 2016. Kepastian perlombaan ini diungkapkan oleh Ketua PDBI Kota Bukittinggi, M. Nur Idris didampingi sejumlah pengurus antara lain sekretaris PDBI Bukittinggi Gantino Habibi dan anggota yakni Dina Astuti, Ismail, Leo Sikumbang, Eny Sulistiawaty dan Ihsan. Sementara dari Disdikpora tampak hadir Kabid Pemuda dan Olahraga Asmara dan Joni Elson, Jumat (04/11).
“Setelah mengadakan persiapan yang cukup matang, kita optimis akan segera menggelar Lomba Drumband dan Marchingband tingkat Sumatera awal bulan Desember depan. Bahkan kita akan menjadikan event kali ini tercatat sebagai kegiatan rutin Nasional dalam agenda PBDI pusat” ujar M. Nur Idris yang juga anggota DPRD Kota Bukittinggi ini.
Lebih lanjut M. Nur Idris mengatakan bahwa lomba ini digelar kategori full band yang diikuti semua unit tim drumband dan marchingband dari sekolah dan umum di wilayah Sumatera yang dikelompokan menjadi dua devisi yakni devisi junior (SD & MI) dan devisi senior (SMP & SMA sederajat) dan umum, yang akan memperebutkan hadiah dan piala dari Walikota Bukittinggi.
“Untuk pemenang lomba tahun ini akan memperebutkan piala dari Walikota Bukittinggi serta hadiah jutaan rupiah untuk masing-masing katagori. Dismaping hadiah diberikan untuk unit band terbaik juga akan dilombakan katagori field commandre terbaik, colour guard terbaik, music ansamble terbaik, general effect terbaik, display terbaik, percusion line terbaik dan custom terbaik” terang M. Nur Idris.
M. Nur Idris juga menyampaikan bahwa Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias sangat antusias mendukung perlombaan ini. Karena acara ini untuk kepentingan dan menghibur rakyat sebagai wadah pengembangan kreatifitas remaja terutama kalangan pelajar. Yang penting lagi dengan adanya peserta diluar Kota Bukittinggi seperti; Banda Aceh, Medan, Jambi, Palembang, Pekanbaru dan Lampung ini akan mendatangkan PAD bagi Kota Bukittinggi.
“Satu unit drumband atau marchingband itu beranggotakan 60 sampai 80 orang. Kalau sekiranya ada 20 unit tim dari luar Bukittinggi ikut, maka akan ada sekitar 1600 orang yang menginap dan belanja di Kota Bukittinggi. Belum lagi keluarga anggota tim drumband dan marchingband biasanya selalu ikut. Pengalaman kami mengikuti kejuaraan selama ini ke Medan dan Pekanbaru seperti itu” ujar M. Nur Idris.
30 Tim Favorit Sumatera Ambil Bagian
Sementara itu, Sekretaris PDBI Gantino Habibi mengungkapkan, bahwa pihaknya kini sudah menyebarkan undangan ke seluruh PDBI yang ada di Sumatera dan minta bantuan PDBI pusat, agar menyampaikan undangan kepada PDBI di Sumatera. Disamping undangan kepada PDBI masing-masing daerah, pihaknya juga mengaku sudah mengirimkan undangan langsung kepada sekolah SD dan MI sederajat dan SMP dan SMA sederajat yang ada di Sumbar.
“Kita menargetkan sekitar 20 unit drumband dan marchingband di Sumatera dan 30 unit yang berada di Sumatera Barat termasuk Bukittinggi. Jadi persiapannya sudah matang termasuk mendatangkan juri nasional sebanyak 6 orang dari PDBI pusat yang sudah berpengalaman” ujar Gantino Habibi. (***)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top