News Lokal

TP-PKK Bekasi Pelajari Bank Sampah Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — Prestasi Kota Bukittinggi sebagai peraih Adiwiyata Kirana mendapat apresiasi dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi. Untuk itu TP-PKK Bekasi Kamis (20/10) langsung mendatangi Kota Bukittinggi untuk mempelajari bagaimana pengolahan sampah di kota jam gadang ini.

Kedatangan rombongan TP-PKK Bekasi itu disambut langsung oleh wakil ketua tim penggerak PKK Kota Bukittinggi Ny. Is Yuen Karnova didampingi Kepala PMPKN Rismal Hadi, di TUP Balaikota Gulai Bancah.

Dra. Hj. Iin Udju, Wakil ketua TP-PKK Kabupaten Bekasi menjelaskan, selain ingin melakukan studi banding terkait program kerja PKK, kedatangan rombongan bertujuan untuk mempelajari bagaimana Kota Bukittinggi mengatasi persoalan sampah.

“Kita sangat salut dengan Kota Bukittinggi karena telah berhasil meraih piala Adipura, dimana kita tahu Bukittinggi dan Bekasi pun sama-sama bermasalah dengan persoalan sampah. Kita ingin mempelajari bagaimana peran PKK Bukittinggi dalam mengelola bank sampah sebagai solusi persoalan tersebut.” Ungkapnya.

Menanggapi maksud kedatangan dari TP-PKK Bekasi, Ny. Is Yuen Karnova bersama kepala PMPKN Rismal Hadi langsung menjabarkan bagaimana PKK Kota Bukittinggi mengerjakan tugas sebagai mitra pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat, termasuk dengan pengelolaan sampah lewat Bank Sampah.

“Kita PKK sebagai ujung tombak pemerintah langsung terjun memberikan pengarahan dan pembinaan kepada masyarakat, melalui para kader. Terutama pengelolaan Bank Sampah, banyak hasil kerajinan dan sumber pendapatan yang didapat masyarakat dari hasil pengolahan sampah.” Jelas Ny. Is Yuen Karnova.

“Dengan luas wilayah yang kecil, kita tidak bisa membuat TPA sendiri. Melalui kader PKK lah yang menggiatkan dasawisma, posyandu, serta usaha dari hasil Bank Sampah dapat membantu mengurangi jumlah sampah di Bukittinggi. Karena hampir Rp 6 miliyar APBD Kota terkuras untuk sampah saja.” Ungkap Rismal Hadi.

Usai melakukan pertemuan di TUP Balaikota, rombongan TP-PKK dari Bekasi langsung diajak oleh pemko Bukittinggi meninjau Bank sampah tempat pengolahan sampah yang mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top