News Lokal

Sambut 1 Muharram 1438 H, Remaja Mesjid Akan Tamatkan Membaca Al-qur’an

Bukittinggi, KABA12.com — Sejumlah remaja masjid Kota Bukittinggi akan mengkhatamkan membaca ayat suci Al Quran menyambut 1 Muharram 1438 Hijriah yang akan digelar di pelataran Jam Gadang pada Sabtu (01/10).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) M. Nur mengatakan, akan mengundang setiap remaja masjid yang ada di kota bukittinggi dan akan dibagi dalam 30 kelompok di mana setiap kelompok akan menamatkan membaca satu juz Al Quran.

“Jadi, jelang terbenam matahari mereka akan menamatkan membaca Al Quran. Kami akan bentangkan tikar di pelataran Jam Gadang bagi warga yang datang untuk sama-sama memperingati 1 Muharram,” jelasnya.

Hal tersebut bertujuan untuk mengajak anak muda melakukan hal yang bersifat positif di satu tempat lalu mengikuti kegiatan yang bermanfaat sehingga dapat memahami makna tahun baru Hijriah.

M. Nur juga mengimbau warga agar turut memeriahkan kegiatan yang digelar menyambut 1 Muharram 1438 H tersebut. Bagi warga yang rumahnya jauh dari Jam Gadang, sekiranya dapat mengisi dengan kegiatan bermanfaat seperti tausiah atau pengajian di masjid-masjid sehingga paham dengan makna dari tahun baru Hijriah.

Sementara, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Khamidir mengharapkan, warga kembali meramaikan peringatan hari besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha yang sebelumnya juga dilaksanakan di pelataran Jam Gadang.

“Terutama anak muda, dengan keikutsertaan mereka dalam kegiatan ini diharapkan akan selalu dekat dengan ajaran agama,” ujar Khamidir.

(Debi Kurnia)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top