News Lokal

Wabup Agam Buka Festival Randai Tradisi Tingkat Daerah

Agam, KABA12.com — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Agam mengadakan Festival Lomba Randai Tradisi tingkat daerah. Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, Senin (26/9) di Gor Rang Agam, Lubuk Basung.

“Kesenian randai ini adalah karya seni para leluhur kita, yang harus terus dijaga dan dilestarikan secara turun temurun. Saya sangat senang sekali ini dapat ditampilkan di Agam,” kata Wakil Bupati.

Trinda berharap seluruh tim randai terus mengembangkan kesenian yang dimiliki. Dengan menggunakan sanggar-sanggar maupun sekolah-sekolah untuk memberdayakan kesenian ini. “Apalagi budaya kita cukup dikenal oleh bangsa lain dan memiliki kontribusi dalam peradaban dunia,” jelasnya.

Kepala Disbudpar Kabupaten Agam, Hadi Suryadi, SE mengatakan Perlombaan ini diikuti oleh 14 group randai yang ada di Kabupaten Agam. 14 group randai tersebut terdiri dari 8 kecamatan yakni Kecamatan Lubukbasung tiga group,  Ampek Angkek dua group, Ampek Nagari, Palembayan tiga group, Tilatang Kamang satu group, Matur satu group, dan Kamang Mudiak satu group.

 (Virgo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top