News Lokal

Bupati Agam dan Walikota Bukittinggi Sesepuh Warga Sunda Sumbar

Bukittinggi, KABA12.com — Bupati Agam Indra Catri dan Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias yang diwakili oleh Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, dikukuhkan sebagai sesepuh warga Sunda Sumatera Barat dengan gelar “Emang” dan “Embi” untuk istri.

Pengukuhan tersebut dibacakan secara langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar PWS (Paguyuban Warga Sunda) Sumatera Barat, Kang Raden Adji Rukmana, dalam acara silaturrahim akbar warga Sunda se-Sumbar, di Gor Bermawi Bukittinggi, Minggu (25/09).

Baca Juga:  GPSB 2018, Moment Khusus HUT Perak Lubukbasung

“Pemberian gelar “Emang” (saudara terdekat) dikarenakan selama ini Paguyuban Warga Sunda Bukittinggi Agam telah merasa dibina. Untuk itu diberikan gelar tersebut, sebagai bukti akulturasi budaya Minang dan Sunda.” ungkap Kang Raden Adji Rukmana.

Tidak hanya pemberian gelar kepada Bupati Agam dan Walikota Bukittinggi, gelar “Emang” juga diberikan kepada Kapolres Kota Bukittinggi AKBP. Tri Wahyudi yang ditunjuk sebagai pengaping nantinya di dalam struktur kepengurusan organisasi PWS Bukitting-Agam periode 2016-2019.

Baca Juga:  Bupati Agam Pamit Kepada Kader PKK

Ketua Umum Pengurus Besar PWS Sumbar menambahkan, dengan dilaksanakannya kegiatan silaturrahim ini, warga Sunda yang ada di Sumatera Barat bisa tetap rukun dan terus bersatu dengan menjaga budaya dan leluhur budaya sunda.

Bupati Agam dan Wakil Walikota Bukittinggi mengucapkan terimakasih karena telah diberikan gelar Emang yang berarti saudara terdekat dan sesepuh bagi warga Sunda yang ada di Sumatera Barat. “Kita apresiasi paguyuban warga sunda yang ada di Sumbar terutama PWS yang ada di Bukittinggi dan Agam, ini membuktikan akulturasi dua kebudayaan yang harmonis, dan itu harus tetap dijaga di dalam masyarakat” ungkap Emang Ir. H. Indra Catri M.SP, DT. Malako Nan Putiah.

Baca Juga:  Komnas HAM Gelar Semiloka Menuju Bukittinggi Kota Wisata Inklusif

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Terkini

To Top