News Lokal

KPU Bukittinggi Gandeng Disdukcapil Pantau Pemutakhiran Data Pemilih

Bukittinggi, KABA12.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi akan menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk melakukan kerja sama dalam pemutakhiran data pemilih. Usulan kerjasama tersebut dibahas dalam Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan yang dilaksanakan di Aula KPU Kamis (22/09).

Ketua Perencanaan dan Data KPU Bukittinggi Benny Aziz mengatakan, melalui kerjasama tersebut dapat menjadi solusi bagaimana data pemilih selalu akurat dan faktual. Hal itu akan mendukung kerja KPU yang memiliki kewajiban bahwa setiap bulan harus melakukan pemutakhiran data pemilih.

“Lewat kerjasama nantinya, KPU dapat melihat atau memiliki izin masuk ke portal program terkait data kependudukan yang dimiliki Dirjen Dukcapil Kemendagri. Selanjutnya, KPU dapat menyinkronkan data pemilih dengan data kependudukan yang ada di Dirjen Dukcapil Kemendagri agar data pemilih yang dimiliki KPU lebih akurat”, jelas Benny Aziz.

Sementara itu, KPU Bukittinggi saat ini tengah menyiapkan segala kebutuhan untuk melakukan kerjasama itu seperti anggaran dan lainnya. Sedangkan Disdukcapil menyambut baik dan segera menyiapkan nota kesepakatan bersama. Bila kerjasama telah disepakati, selanjutnya akan ditunjuk satu orang petugas KPU sebagai operator yang akan didaftarkan untuk dapat mengakses data kependudukan tersebut.

Sekretaris Disdukcapil Bukittinggi, Safrawardi mengatakan, pihaknya menyambut baik kerjasama tersebut karena akan mendukung kinerja KPU. Terkait nota kesepahaman akan tindaklanjuti dengan menyampaikan dan dibicarakan dengan pimpinan Disdukcapil.

(Debi Kurnia)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top