News Lokal

Jumlah Qurban di Bukittinggi Menurun

Bukittinggi, KABA12.com — Dinas Pertanian Kota Bukittinggi telah menerima laporan jumlah hewan qurban yang akan disembelih tahun 2016 ini. dari jumlah yang ada saat ini, terdapat penurunan dari tahun lalu.

“Pada tahun ini jumlah hewan Qurban di Kota Bukittinggi mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Adapun jumlah hewan kurban tahun ini sebanyak 900 ekor, sedangkan tahun lalu mencapai 905 ekor,” jelas Melwizardi Kadis Pertanian Bukittinggi kepada KABA12.com.

 Menurunnya hewan qurban pada Idul Adha 1437 H tahun ini tentunya dapat dilihat dari kondisi ekonomi masyarakat yang tidak menentu. Serta persediaan hewan qurban yang tidak mencukupi.

Pemerintah Kota Bukittinggi, mengimbau masyarakat untuk ikut aktif memperhatikan kondisi hewan qurban yang akan disembelih pada Idul Adha 1437 Hijriah. Hal tersebut sesuai dengan surat edaran Walikota terkait cara membeli dan memilih hewan qurban.

Melwizardi menjelaskan, sebagaimana telah disebarkan surat edaran walikota Bukittinggi bahwa masyarakat harus jeli dan teliti dalam membeli dan memilih hewan qurban. Kamis (08/09), tengah dilakukan pemeriksaan hewan qurban yang akan disembelih pada Idul Adha nanti. Hal tersebut akan dilakukan setiap hari selama satu minggu karena pemeriksaan dilakukan sebelum dan sesudah hewan disembelih.

Hewan yang sehat memiliki nafsu makan yang baik, bulu tidak kusam, mata bersinar, hidung tidak basah dan tidak kurus. Selain itu, hewan kurban harus berjenis kelamin jantan dan berusia di atas dua tahun untuk sapi dan di atas satu tahun untuk kambing.

( Debi Kurnia ) 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top