News Nasional

Hari Ini 17.30 WIB, Akan Ada Gerhana Matahari Cincin

Nasional, KABA12.com — Sebagian wilayah di Indonesia, seperti Jawa bagian barat dan Sumatera bagian selatan mulai pukul 17.30 WIB hingga matahari terbenam, hari ini (01/09) diprediksi dapat melihat gerhana matahari cincin sebagian yang tipis.

“Sekitar pukul 17.30 WIB sampai menjelang matahari terbenam masyarakat Jawa bagian barat mulai dari Jawa Tengah sampai ke barat dan Sumatera bagian selatan akan mengalami gerhana matahari sebagian,” ujar Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, seperti yang dikutip KABA12.com dari portal detik, Kamis (01/09).

Menurut Thomas, gerhana matahari cincin di Indonesia hanya bisa dinikmati sebagian dan tipis sekitar 2-3 persen. Masyarakat juga hanya bisa menikmatinya sekitar 20 menit.
Thomas menerangkan, masyarakat di bagian Jawa hanya melihat awal gerhana matahari cincin dan kemudian matahari sudah terbenam. Sedangkan masyarakat di Sumatera bagian selatan bisa melihat akhir gerhana tapi kecil dan tipis. “Masyarakat di Sumatera bagian selatan hanya bisa melihat di bagian kiri bawah matahari,” jelasnya.

Gerhana matahari cincin yang sempurna hanya bisa dinikmati di Atlantika, Afrika dan Samudera Hindia. Sedangkan di Indonesia hanya mendapat gerhana matahari sebagian yang tipis.
Untuk melihat gerhana matahari cincin sebagian ini, Thomas menyarankan agar masyarakat menggunakan kacamata matahari atau alat peredup cahaya lainnya.

IMG-20160901-WA0014Gerhana matahari cincin terjadi saat bulan hanya menutup sebagian dari matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran bulan lebih kecil dari matahari sehingga ketika bulan berada di depan matahari, tidak seluruh matahari akan tertutup oleh bulan. Bagian matahari yang tidak tertutup oleh bulan, berada di sekeliling bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

( Jaswit )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top