BPBD Kab. Agam

Agam No.35 Rawan Bencana Indonesia

 Lubukbasung, KABA12.com. — Kabupaten Agam berada di posisi ke-35 daerah rawan bencana dari 400 daerah di Indonesia. Posisi “mengerikan” itu, dampak wilayah kabupaten Agam berada di lingkungan potensi bencana di berbagai lini.

Kabupaten Agam berada di kawasan rawan bencana gempa karena perairan pantai yang rawan tsunami di garis pantai Tiku, berada di kawasan rawan gempa, ancaman gunung marapi, ancaman longsor-banjir bandang, serta potensi bencana lain.

Baca Juga:  BPBD Agam Ikut Survey Batang Manggani

Ancaman beragam bencana itu, diamini banyak pihak, dan kini secara optimal sudah diupayakan berbagai langkah untuk pengurangan resiko bencana yang melibatkan berbagai unsur.

Kepala BPBD Agam Bambang Warsito menyebutkan, pihaknya bersama berbagai lembaga terkait, baik dengan NJO OXFAM, Jemari Sakato dan berbagai lembaga dunia yang menaruh perhatian terhadap resiko bencana terus melakukan berbagai terobosan untuk membangun kesiapan masyarakat menghadapi dampak bencana.

Baca Juga:  Jalan Lingkung Bypass Aur Dipancang

“ Kita mendorong semua elemen yang ada, untuk satu visi dalam mengantisipasi dalam bencana, dengan pengurangan resiko bencana, kesiapan masyarakat sangat penting, karena bencana itu sendiri sama sekali tidak bisa diprediksi dan terdeteksi, kapan, dimana, dan apa yang akan terjadi, “ sebut Bambang.

Baca Juga:  Tanjung Sani Dibangun Jembatan Darurat, Hujan Lebat Halangi Pembersihan

Saat ini, BPBD Agam sukses mendorong peran berbagai elemen, baik ditingkat nagari dengan keberadaan KSB (komunitas siaga bencana), FPRB (forum pengurangan resiko bencana), KWSB ( komunitas wartawan siaga bencana) dan berbagai elemen lain yang bersinergi mempersiapkan diri mengantisipasi dampak resiko bencana terhadap masyarakat.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Terkini

To Top