News Lokal

TPSA Padang Panjang Kembali Dibuka

Padang Panjang, KABA12.com — Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPSA) Padang Panjang kembali dibuka Rabu (24/8) sore kemarin, setelah sempat di blokir selama 6 hari dari hari Kamis (18/8) lalu oleh Niniak Mamak Nagari Gunung. Dibukanya kembali TPSA yang berada di Sungai Andok kelurahan Kampung Manggis itu setelah melalui kesepakatan antara Ninik Mamak Kanagarian Gunuang dengan Pemerintah Kota Padang Panjang.

Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, Edwar Juliarta, turun langsung untuk menfasilitasi KAN Gunung dalam menyelesaikan permasalahan ulayat Nagari Gunung. Hal ini mendapat apresiasi dari Niniak Mamak KAN Gunung, meskipun KAN Gunung sempat kecewa dengan Pemerintah Kota Padang Panjang.

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Gunung IM.Dt Mangkudun mengatakan, pembukaan blokir TPSA Sungai Andok tersebut bukan tanpa alasan, tetapi melalui persyaratan yang telah disepakati oleh Ninik Mamak Kenagarian Gunung dengan Pemko Padang Panjang.

“Kami disini mempertahankan hak dari ulayat kami. Kami memblokir ini karena adanya klaim dari KAN lain terhadap kepemilikan KAN Gunung,” kata IM Dt.Mangkudun

Sekdako Padang Panjang, Prof. DR. Edwar Juliartha pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih, kepada Ninik Mamak dari KAN Gunung, yang telah proaktif dalam program pembangunan yang dilaksanakan di Kota Padang Panjang, termasuk dalam membuka kembali blokir terhadap TPSA Sungai Andok, sebagai satu-satunya tempat pembuangan sampah di Kota Padang Panjang.

IMG-20160824-WA0030“Dengan telah dibukanya blokir ini, mobil-mobil pengangkut sampah kita telah bisa beroperasional kembali dan tumpukan-tumpukan sampah yang telah beberapa hari tidak diurus akan dipungut kembali,” tuturnya.

Pada pertemuan dan pembukaan blokir TPSA Sungai Andok tersebut, selain dihadiri oleh Ninik Mamak dan Pemuda dari KAN Gunung juga dihadiri oleh Kepala Dinas PU Defrial, Kabag Kesra Eri, Kabag Humas Ampera Salim dan sejumlah wartawan. Saat ini mobil-mobil pengangkut sampah telah masuk ke dalam lokasi dan membongkar sampah-sampah yang sempat beberapa hari dibiarkan di atas mobil.

(Yansen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top