Life

IT Picu Serangan Stroke & Jantung

Bukittinggi, KABA12.com — Informasi Teknologi (IT) dapat menjadi pemicu masyarakat terserang Stroke maupun jantung. Kurang bergeraknya anggota tubuh karena terfokus dengan permainan game yang ada pada gadget akan menyebabkan tingginya kolestrol yang menjurus kepada serangan Stroke dan Jantung.

Seperti yang dilansir oleh RRI, Kamis (25/8). Dr. Agus Subagjo, Sp. JP(K) spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di RSUD Dr. Soetomo menerangkan, kolestrol menjadi penentu seseorang terserang stroke dan penyakit jantung. Bahkan di Indonesia stroke dan jantung menduduki peringkat teratas  penyebab kematian.

Trend yang tidak lagi dilihat dari pola makan tersebut perlu mendapatkan perhatian serius, sebab kolestrol jahat merupakan bagian penting dalam mekanisme terbentuknya plak aterosklerosis yang menyebabkan penyempitan pada jantung.

“Sekarang ini bukan perkara diet saja, perkembangan IT dan gadget, yang membuat orang kurang bergerak, memberi kontribusi peningkatan kadar kolestrol, dan ini bahaya,” jelasnya.

insert penyempinan jantungAgus mengungkapkan,  dari fakta tersebut terlihat ada perubahan penyakit yang menyebabkan kematian terbesar di Indonesia. Jika dalam beberapa puluh tahun lalu penyakit menular menduduki peringkat pertama, maka sekarang sudah digeser oleh penyakit jantung dan stroke. “Dan ini dipicu oleh perubahan pola hidup atau gaya hidup masyarakat,” tegasnya.

Ia menerangkan, ada beberapa penyebab yang  cukup besar pengaruhnya pada kondisi itu. Diantaranya adalah kebiasaan merokok, mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang rendah, obesitas, kurangnya aktifitas fisik serta mengonsumsi alkohol.

( Jaswit )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top