News Lokal

“SIMUNTU” IKUT PAWAI ALEGORIS DI KAB. AGAM

KABA12.com, Agam, Sumbar — Ratusan  kendaraan  SKPD dan masyarakat yang dihiasi  dengan berbagai bentuk ikut mewarnai kemeriahan pawai alegoris dalam rangka memperingati HUT RI ke-71, di Jl. DR Moh. Hatta, Lubuk basung, Kab. Agam, Kamis (18/8).

Ratusan kendaraan hias dari SKPD dan masyarakat melewati mimbar kehormatan Wakil Bupati bersama pejabat lainnya dengan gaya nyentrik. Peserta pawai menghias kendaraan dengan berbagai variasi. Ada yang berbentuk perahu, kapal, rumah, kendaraan perang, dan ada juga memasang berbagai macam hiasan yang menarik lainnya.

Seperti halnya kendaraan unik dari Ikatan Pemuda Sangkir yang dihias menyerupai kendaraan perang milik Angkatan Darat Indonesia. Tidak hanya kendaraan hias, pawai alegoris di Kabupaten Agam juga tidak pernah alfa dari “Simuntu” (sejenis hantu dengan bentuk yang dipenuhi oleh daun pisang kering).

Simuntu menunjukkan Kreatifitas dari anak Maninjau dalam memposisikan hantu sebagai periang hari. Kehadiran Simuntu mengajarkan kepada anak- anak bahwa hantu tidak ada, yang ada hanya sosok yang didandani sejelek mungkin. Sehingga rasa ketakutan anak- anak teralih kepada sesuatu yang nyata.

Kreativitas dari variasi yang ditampilkan oleh masyarakat inipun mendapat apresiasi penuh dari Wakil Bupati Agam. Trinda Farhan Satria menuturkan “Banyak variasi yang ditunjukkan dalam pawai alegoris ini, mulai dari yang tradisional sampai yang modern. Hal ini sejalan dengan visi Agam BISA, berkeadilan dan inovatif” pungkasnya.

Peringatan HUT RI di Ibukota Lubuk Basung masih akan berlanjut hingga penutupan di hari puncak pada tanggal 24 Agustus dengan kegiatan lomba jalan santai.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top