News Lokal

DRAMA KOLOSAL KEMERDEKAAN “SITI MANGGOPOH” MERIAHKAN HUT RI ke 71 di AGAM

KABA12.com, Agam, Sumbar — Ada hal yang menarik pada upacara peringatan HUT RI ke-71 di Kabupaten Agam. Usai sang saka merah putih dikibarkan, ratusan siswa siswi yang berasal dari SMA 1, 2, dan 3, serta pelajar SMK 1 dan 2 Lubuk Basung menampilkan sebuah penampilan drama kolosal yang menceritakan tentang perjuangan “Mandeh Siti Manggopoh” simbol perjuangan masyarakat Agam.

“Penampilan drama kolosal yang sangat bagus. Siti Manggopoh merupakan symbol perjuangan masyarakat Agam dalam mengusir penjajah. Perjuangan seorang srikandi yang berjuang dengan ikhlas, yang patut ditiru dan diteruskan oleh generasi muda” ungkap Aristo Munandar, mantan Bupati Agam yang kini menjabat sebagai anggota DPRD provinsi Sumbar.

Dalam penampilan drama itu diceritakan bagaimana masa kecil Siti Manggopoh yang hidup makmur, dengan hasil pertanian yang melimpah. Akan tetapi keadaaan tersebut berubah pelik ketika bangsa penjajah datang yang mengharuskan masyarakat membayar pajak atas hasil pribumi.

Bupati Agam Indra Catri mengapresiasi penampilan putra putri Agam yang dikomposeri oleh Ade Jhori dari Institut Seni Indonesia Padang Panjang tersebut. “Waah.. itu penampilan yang keren sekali, sangat apik! Tidak gampang mengekspresikan simbol dan nilai sejarah dalam sebuah gerakan. Ini patut dipertahankan, kedepan kita akan mengangkat dan menampilkan cerita yang bersejarah lagi dari Agam,” tutup Bupati Agam dengan bangga.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top