Kaba Terkini

131 Kuda Ikuti Indonesia Derby Kejurnas ke 53 Seri I- 2019

Salatiga, KABA12.com — Final pacuan kuda Kejuaraan Nasional (Kejurnas) ke 53 tahun 2019, dimulai. Kejurnas dibuka langsung oleh Ketua Pordasi pusat, di lapangan pacuan kuda Tegal Waton, Salatiga, Minggu (28/07).

Panitia Kejurnas, Rizki Amanda, menjelaskan, peserta resmi Kejurnas ke 53 pacuan kuda seri I tahun 2019, berasal dari 14 provinsi, dengan mengikutsertakan 131 ekor kuda dan 94 kuda untuk non Kejurnas. Babak penyisihan telah dilaksanakan pada 14 Juli dan diikuti 101 ekor kuda pada kelas C/D, Pemula A/B, Derby dan 4 tahun A/B.

“Sedangkan 31 ekor kuda lainnya, langsung langsung mengikuti babak final di kelas THB Indonesia dan di kelas 3 tahun remaja serta 4 tahun C/D,” jelasnya.
Point yang diperebutkan pada Kejurnas ke 53 ini sebanyak 180 angka. Kontingen dengan poin terbanyak akan mendapatkan piala dan medali serta piala bergilir dari Ketua umum Pordasi pusat.

Ketua Umum Pordasi Pusat, Chaidir Saddak, menyampaikan, olahraga pacuan kuda saat ini semakin berkembang. Olahraga ini butuh dukungan dan sinergi seluruh unsur terkait. “Pemilik kuda ibarat investor bagi olah raga pacuan kuda. Mari jaga kenyamanan antar sesama, sehingga olahraga kuda semakin banyak peminat,” ujarnya.

Chaidir Saddak juga menyampaikan, pada tanggal 31 Juli nanti, akan ada Rakernas, untuk membicarakan berbagai kegiatan dan agenda yang akan dilaksanakan pordasi mulai daei pusat hingga daerah.

Sementara itu, Ketua Pordasi Sumbar, Ramlan Nurmatias, menyampaikan, khusus di Sumatera Barat, peminat olah raga oacuan kuda semakin meningkat. Karena memang pacu juda menjadi alek nagari yang terus dilaksanakan dan menjadi agenda tahunan bagi pordasi Sumbar. Pacuan kuda di Sumbar itu, sekaligus menjadi upaya Pordasi untuk mengembangkan minat dan bakat kuda berdarah Sumbar.

“Terbukti, tahun ke tahun makin banyak kuda dari Sumbar yang kita utus untuk Kejurnas. Tahun ini ada 16 kuda. Alhamdulillah 10 ekor kuda masuk final. Semoga memberikan hasil maksimal. Kita doakan saja,” ulasnya.
(Ophik)

To Top