Kaba Terkini

Remisi Napi Lapas Lubukbasung Batal

Lubukbasung, KABA12.com — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat membatalkan pemberian remisi atau pengurangan masa tahanan bagi warga binaan yang positif mengkonsumsi narkotika.

Menurut Kepala Lapas Klas II B Lubukbasung, S Hendra Budiman didampingi Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik Lapas Klas II B Lubukbasung, Zalman, Sabtu (25/5) mengatakan kita akan membatalkan pemberian remisi setelah dilakukan tes urine, apabila sudah terlanjur diusulkan ke Kementerian Hukum dan HAM.

Ia mengatakan pembatalan pemberian remisi itu juga saat HUT RI atau remisi umum. Selain tidak memberikan remisi, warga binaan itu juga ditahan di sel khusus dan tidak diperbolehkan dikunjungi oleh pihak keluarga.

“Ini bentuk sanksi tegas yang kita berikan bagi warga binaan yang positif mengkonsumsi narkotika,” tegasnya.

Ia mengakui mengusulkan remisi tahap pertama pada Ramadhan tahun ini sebanyak 136 orang warga binaan dan dua orang positif.

Sementara remisi tahap kedua 60 orang warga binaan yang diusulkan dan enam orang positif.

“Ini berdasarkan tes urine yang kita lakukan bagi seluruh warga binaan yang diusulkan menerima remisi pada Idul Fitri 1440 Hijriyah. Tes urine itu dilakukan di Lapas Klas II B Lubukbasung dengan melibatkan tim medis,” katanya.

(Ardi)

To Top