Kaba Agam

1.792 KPM di Kecamatan Tanjung Raya Sudah Terima BST Kemensos Tahap V dan VI

Maninjau, KABA12.com — Sebanyak 1.792 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam telah menerima bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI untuk tahap kelima dan keenam.

Bantuan tersebut mulai disalurkan kepada penerima pada Senin (26/7) lalu. Masing-masing
penerima mendapat bantuan dua tahap sekaligus untuk periode bulan Mei dan Juni 2021. Bantuan itu berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu per KPM ditambah beras 10 kilogram.

Bantuan beras tersebut berasal dari Perum Bulog yang didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak PPKM.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengatakan, proses penyaluran bansos tunai dari Kemensos dilaksanakan oleh pihak Pos Indonesia cabang Maninjau, dan Pos Indonesia cabang Sungai Batang. Ia menyebut, pihak Pos Indonesia cabang Maninjau mendistribusikan bantuan tersebut kepada penerima secara berjadwal di gedung SMAN 1 Tanjung Raya.

Dalam proses pembagian bansos, pihak penyelenggara juga mewajibkan masing-masing penerima memenuhi syarat seperti memakai masker, membawa surat panggilan menerima bansos, membawa KTP asli dan fotocopy, membawa KK asli dan fotocopy, serta tidak diperkenankan membawa anak kecil.

“Alhamdulillah, bansos tunai dari Kemensos RI itu sudah dibagikan kepada masing-masing KPM. Mereka mendapat bantuan dua tahap sekaligus berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu ditambah beras 10 kilogram,” ujar Handria Asmi saat dikonfirmasi KABA12.com di ruang kerjanya, Senin (2/8).

Ia menyebutkan, pembagian bansos itu dilaksanakan pada Senin (26/7) hingga Sabtu (31/7) kemarin. Penerima BST ini merupakan warga miskin yang telah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Saat pembagian bantuan, penyelenggaraan dan penerima juga terlihat memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, serta mengantre secara teratur,” ungkapnya.

Handria menambahkan, bagi penerima bantuan tersebut diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga.

“Semoga bantuan yang telah diberikan pemerintah kepada masyarakat ini dapat bermanfaat, terutama untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari di masa pandemi,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top