Kaba Agam

1.526 Warga Agam Jalani Isolasi Mandiri, Potensi Peningkatan Kasus Masih Tinggi

Lubukbasung, kaba12.com — Hingga Minggu,(1/8) kemarin tercatat sebanyak 1.526 orang warga kabupaten Agam yang dinyatakan positif terpapar covid-19 menjalani isolasi mandiri.

Mayoritas warga yang menjalani isolasi mandiri memilih menjalani perawatan di kediaman masing-masing, yang sudah dikonsultasikan dengan tim medis dari seluruh puskesmas yang ada di kabupaten Agam.

Proses isolasi mandiri sendiri tetap dijalankan sesuai jadual yang sudah ditetapkan, minimal 15 hari, yang dikontrol oleh petugas sebagai kontak person para warga yang menjalani isolasi mandiri sesuai waktu yang ditetapkan.

Diharapkan, warga yang tengah menjalani isolasi mandiri bisa mentaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dan harus dilaksanakan secara ketat untuk memutus rantai penyebaran covid-19 pada warga lain.

Hal itu disebutkan Yosefriawan, plt.Kadinas Kesehatan Agam yang menyebutkan, saat ini, lonjakan kasus covid-19 di kabupaten Agam masih dalam level menguatirkan, sehingga dukungan dan peran aktif masyarakat menjadi kekuatan penting dalam upaya memutus rantai penyebaran virus corona.

Dijelaskan, proses isolasi mandiri harus betul-betul dilaksanakan dengan ketat, dan diharapkan keluarga dekat atau warga sekitar memberi dukungan penuh untuk proses pemulihan warga yang terpapar virus corona tersebut, sehingga upaya penanganan bisa berjalan maksimal.

“ Petugas medis akan mengontrol warga yang dinyatakan positif, melalui berbagai media yang digunakan, termasuk komunikasi telepon, terkait kondisi terkini warga yang dinyatakan positif,”ulas Asisten II Sekab.Agam itu.

Yosefriawan menambahkan, Satgas Penanganan Covid-19 Nagari dan kecamatan juga berperan dalam membantu pengawasan dan pemantauan warga yang terpapar, “ kita berupaya mendorong warga yang menjalani isolasi mandiri untuk bisa segera pulih dengan tetap menjalankan aktivitas dalam rumah atau kompleks isolasi untuk meningkatkan imun tubuh, “ ulasnya.

Ditambahkan, saat ini akumulasi total kasus terkonfirmasi positif covid-19 di kabupaten Agam sudah mencapai angka 5.974 orang, dengan rincian 4.215 orang dinyatakan sembuh, 156 orang warga meninggal, dan 1.603 orang dalam penanganan medis dengan rincian 77 orang dirawat di beberapa rumah rujukan dan 1.526 orang menjalani isolasi mandiri.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top