Kaba Terkini

Ops.Sikat Polres Agam Respon Keresahan Warga, Tangkap 6 Pelaku-1 Dibawah Umur

Lubukbasung, kaba12.com — Merespon keserahan masyarakat menyusul maraknya aksi kriminal yang merugikan masyarakat beberapa waktu belakangan, jajaran Kapolres Agam sengaja membentuk tim khusus dengan sandi” Operasi Sikat” yang dipimpin Kabag.Ops.Polres Agam.

Dalam operasi gabungan jajaran Polres Agam, satuan khusus itu berhasil mengungkap berbagai kasus di wilayah hukum Polres Agam, yang terjadi beberapa waktu belakangan, khususnya untuk kasus-kasus pencurian kendaraan bermotor dan pencurian dengan pemberatan yang dalam waktu relative singkat berhasil diungkap dan para pelaku berhasil ditangkap.

Dalam siaran Pers Kapolres Agam AKBP.Dwi Nur Setiawan, didampingi Wakapolres Agam, Kabag. Ops.Polres Agam, Kasat Reskrim, PAUR Humas Polres Agam AKP.N.Dt. Sati dan para PJU Polres Agam, Jumat,(11/6) kepada para wartawan yang bertugas di Lubukbasung dijelaskan serangkaian kasus yang berhasil diungkap pihak kepolisian termasuk menangkap para pelaku.

Dijelaskan AKBP.Dwi Nur Setiawan, jajaran Polres Agam menegaskan ada beberapa kejahatan konfensional atau tindak pidana umum yang harus mendapat perhatian khusus, sehingga pihaknya sengaja membentuk tim khusus dengan sandi operasi “ Operasi Sikat” dengan sasaran pelaku pencurian dengan pemberatan yang ditangani oleh tim Satreskrim Polres Agam.

Baca Juga:  Rekap Penghitungan Suara di Tingkat Kecamatan di Bukittinggi Dimulai

Dalam operasi sikat yang sudah dilakukan, berhasil diungkap 6 TKP kasus pencurian, diantara 3 kasus curanmor, 2 kasus curat dan 1 kasus penadah barang hasil kejahatan dengan jumah tersangka sebanyak 6 orang , termasuk barang bukti hasil kejahatan para pelaku, “ salah satunya masih anak dibawah umur, “ ungkap kapolres.

Dijelaskan, 6 kasus yang berhasil diungkap itu yakni kasus curanmor masing-masing, TKP di Sungai Batang, kecamatan Tanjung Raya, Selasa,18 Mei 2021 sekitar pukul 02.30 WIB, 2 pwlaku diamankan yakni DC,(20) dan RA,(15) warga Sungai Batang, kecamatan Tanjung Raya.

Ditambahkan, aksi kedua pelaku dijalankan di halaman sebuah madrasah yang sedang menggelar khatam quran yang terekam CCTV, “bersama pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa sepeda motor merk Honda Beat dengan polisi BA 4358 LC warna merah kombinasi putih dam 1 STNK an.Yunita Elfi Lubis.

Kemudian kasus kedua, dengan TKP di Padang Sibalungkiang, Jorong Lubuak Aluang, Nagari Bawan, kecamatan Ampek Nagari, yang terjadi Kamis,20 Mei 2021 sekitar puku 02.30 WIB, dimana tim Ops.Sikat Polres Agam berhasil menangkap 2 pelaku, masing-masing berinisial HS,(36) warga Sungai Geringging, Padang Pariaman dan MAN,(38), warga Pasar Bawan, kecamatan Ampek Nagari. Bersama para pelaku, berhasil diamankan 1 unit sepda motor merk Honda Beat warna biru bis putih dengan nomor polisi BA 2107 TQ dan 1 buah kinci letter T.

Baca Juga:  Wujudkan Kabupaten Sadar Adminduk, Agam Launching GISA & KIA Besok

Kemudian pengungkapan kasus dengan TKP Simpang Kampuang Pisang, Pasar Bawan, kecamatan Ampek Nagari, Kamis,20 Mei 2021, hasil pengembangan kasus yang dilakukan 2 pelaku masing-masing HS,(36) dan MAN,(38), polisi berhasil menyita 1 unit sepeda motor merk Honda scoopy warna hitam kombinasi silver tanpa plat nomor, 1 STNK an.Asiyudin,1 buah pipa besi dimodifikasi dengan kunci, dan 1 buah kunci letter T.

“ Tersangka HS sudah melakukan kejahatan curanmor sejak tahun 2006, dan tersangka MAN sejak tahun 2019, dimana hasil penjualan sepeda motor curiannya itu digunakan untuk membeli narkoba jenis sabu, “jelas AKBP.Dwi Nur Setiawan lagi.

Baca Juga:  Ribuan Jamaah Padati Mesjid Khairul Mukminin Sungai Aua

Dalam operasi sikat Polres Agam itu, personil Satreskrim Polres Agam juga berhasil menangkap penadah barang hasil kesejahatan, yakni tersangka HZ,(44), warga Gulang-Gulang, Jorong Pantas Nagari Tanjung Sani, kecamatan Tanjungraya, Kamis,20 Mei 2021 sekitar pukul 18.30 WIB.

Dari hasil pemeriksaan, ulas Kapolres Agam itu lagi, tersangka HZ menadah barang curian dari tersangka HS, yang menawarkan sepeda motor curian merk Honda Scopy warga hitam bis silver, dan tersangka HZ membelinya dnegan harga Rp.2 juta.

Selanjutnya, tim Ops.Sikat Polres Agam juga sukses mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan dengan tersangka pelaku EP,(30), warga desa Rawang, Kota Pariaman yang sebelum diringkus polisi sukses menjalankan aksinya di 11 lokasi berbeda di Lubukbasung dan Tanjung Mutiara sejak September 2020 lalu.

“ Seluruh pelaku saat ini sudah diamankan di Makopolres Agam bersama barang bukti hasil kejahatan mereka untuk diproses lebih lanjut, sesuai ketentuan hukum yang berlaku, “tegas Kapolres Agam AKBP.Dwi Nur Setiawan.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top