Kaba Terkini

Terjaring Operasi Yustisi 30 Pelanggar Prokes Disanksi di Maninjau

Maninjau, kaba12.com — Sebanyak 30 orang pelanggar protokol kesehatan terjaring dalam operasi yustisi yang dilaksanakan jajaran tim gabungan dari Satgas Covid-19 Pemkab Agam di Simpang Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Selasa (8/6).

Pelanggar aturan protokol kesehatan (Prokes) yang terjaring razia itu langsung diberi sanksi oleh petugas berupa kerja sosial menyapu jalan dan sanksi denda.

Mereka yang kedapatan tidak memakai masker itu juga dikenakan rompi khusus berwarna oranye bertuliskan Pelanggar Protokol Kesehatan saat menjalani hukuman kerja sosial.

Baca Juga:  3000 ¬†Masyarakat Agam Ikuti Simulasi Bencana

Koordinator Lapangan Tim Operasi Yustisi, Syafrizal menyebutkan, dalam operasi ini petugas gabungan berhasil menindak puluhan warga yang melanggar protokol kesehatan terutama tidak memakai masker. Selain itu, data mereka juga dimasukkan ke dalam aplikasi Sipelada karena telah melanggar aturan Perda Sumbar Nomor 06 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Totalnya ada 30 orang pelanggar yang terjaring dan menjalani sanksi hukuman dalam operasi yustisi saat ini. Rinciannya 28 orang disanksi menyapu jalan, dan 2 orang disanksi membayar denda masing-masing sebesar Rp 100 ribu,” kata Syafrizal kepada kaba12.com.

Baca Juga:  Satres Narkoba Polres Agam Bongkar Ladang Ganja di Muko-Muko

Menurutnya, operasi yustisi ini bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker dimana saja berada. Langkah ini merupakan salah satu upaya mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Kabid KL BPBD Agam itu menambahkan, dalam waktu 15 hari kedepan tim Satgas Covid-19 Pemkab Agam akan gencar melaksanakan operasi yustisi setiap hari di berbagai tempat. Razia tersebut akan dilaksanakan pada siang dan malam hari dengan sasaran tempat- tempat keramaian.

Baca Juga:  Komisi I DPRD Sumbar Kunjungi Matur

Kendati demikian, ia mengajak seluruh masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan agar terhindar dari paparan Covid-19.

Operasi yustisi yang dilaksanakan di Simpang Maninjau hari ini melibatkan tim gabungan Satgas Covid-19 Kabupaten Agam, seperti BPBD, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Polres Agam, Polsek Tanjung Raya, Koramil 05 Tanjung Raya, Pemerintah Kecamatan, dan nagari.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top