Kaba Terkini

Menteri Kelautan dan Perikanan Minta Pemkab Agam Sediakan Lahan Budidaya Ikan di Darat

Maninjau, kaba12.com — Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meminta agar Pemerintah Kabupaten Agam menyediakan lahan untuk petani budidaya ikan keramba jaring apung (KJA) di Danau Maninjau guna mengatasi persoalan pencemaran lingkungan danau. Hal ini bertujuan agar sektor perikanan di Danau Maninjau tetap terjaga tanpa menggangu proses pembenahan danau.

Pernyataan itu diungkapkan oleh Menteri Sakti Wahyu Trenggono kepada wartawan usai mengunjungi kawasan Danau Maninjau yang dipusatkan di objek wisata Linggai Park, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Kamis (3/6).

“Jadi, kami dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyarankan agar dalam proses pembenahan danau, masyarakat atau petani KJA tetap bekerja di sektor perikanan, namun tempatnya dipindahkan dari perairan danau ke darat. Artinya mereka bertransformasi dari pembudidaya ikan di danau beralih sebagai pembudidaya ikan di darat,” kata Menteri Sakti Wahyu Trenggono.

Baca Juga:  Sidang DPRD Manggarai Ricuh, Anggota DPRD Saling Adu Jotos

Ia menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Agam disarankan menyediakan lahan bagi pembudidaya ikan tersebut. Penyediaan lahan didarat tersebut dimaksud seperti kolam, tambak, ataupun sebagainya.

“Saya minta pak Bupati Agam harus menyiapkan lahan di darat untuk pembudidaya ikan,” ujarnya.

Menteri mengakui bahwa jika pemerintah daerah memberi solusi bagi petani KJA untuk beralih ke sektor lain atau diluar perikanan itu merupakan bukan hal yang tepat. Tetapi menurutnya, masyarakat tetap melakukan aktivitas budidaya ikan, namun dialihkan ke darat seperti di kolam atau tambak.

Baca Juga:  Ratusan Warga Bukittinggi Ikrar Kesetiaan Empat Pilar Kebangsaan

“Kalau lokasi ini (Danau Maninjau) ingin menjadi sebuah ekologi yang lebih bagus, maka saya sangat mendukung untuk kegiatan penyedotan lumpur atau sedimentasi yang ada di dasar danau agar pencemaran bisa teratasi,” jelasnya.

Disamping itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan tetap mendorong masyarakat agar selalu sejahtera. Pihaknya juga mendukung tentang program penataan KJA secara teratur.

Baca Juga:  Agam Siaga Covid19, Nagari Taluak IV Suku Distribusikan Beras Bantuan

Sementara itu, Bupati Agam Andri Warman akan menindaklanjuti terkait dengan arahan dan solusi yang ditawarkan oleh Menteri KKP.

“Kita akan tindaklanjuti solusi yang diberikan ini pada pertemuan secara virtual dengan pak Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan pada 17 Juni nanti. Dalam pertemuan itu, kita akan paparkan kembali tentang upaya yang dilakukan oleh Pemkab Agam saat ini. Mudahan-mudahan ini semua masukan dari pemerintah pusat, provinsi, dan saerah menjadi solusi dalam mengatasi pencemaran di Danau Maninjau, serta pembenahan danau tetap dilanjutkan,” kata Bupati.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top