Bukittinggi

Persoalan Tarif Parkir, Dishub Minta Oknum Pungli Dilaporkan

Bukittinggi, KABA12.com — Persoalan tarif parkir masih menjadi momok di Bukittinggi. Namun, hal tersebut dibantah tegas Kepala Dinas Perhubungan, yang menyatakan untuk tarif parkir di lokasi resmi dipungut sesuai aturan.

Kepala Dinas Perhubungan Bukittinggi, Melwizardi, menjelaskan, tarif parkir di luar ketentuan yang biasa dikenakan kepada para pengunjung itu hampir rata-rata merupakan tempat yang bukan parkir resmi. Sehingga pihak pemko tidak bisa melakukan penindakan untuk lokasi tidak resmi.

“Jadi kalau untuk di lokasi resmi, jika ada yang bermain, akan langsung kami tidak lanjuti dengan memanggil jukirnya agar jangan melakukan itu lagi. Karena mereka tenaga kontrak, jika ada yang melakukan hal hal di luar ketentuan bisa kita ambil tindakan. Kami minta juga pada pengunjung dan masyarakat, bagi oknum jukir di tempat resmi yang memungut di luar ketentuan, segera dilaporkan,” jelas Melwizardi, saat ditemui awak media, Senin (31/05).

Baca Juga:  Bukittinggi Hujan, Ratusan Rumah Terendam Air

Kadishub, yang kini merangkap Plt Asisten III Setdako Bukittinggi, mengimbau warga dan pengunjung untuk memarkirkan kendaran di lokasi resmi. Ada beberapa titik parkir resmi, ada gedung parkir untuk kendaraan roda empat dan gedung parkir kendaraan roda dua.

Baca Juga:  Dua Bulan Tax Amnesty KPP Pratama Bukittinggi Terima 1,2 M

“Juga ada beberapa titik parkir pinggir jalan yang resmi, seperti jalan Panorama, depan TMSBK, depan Benteng, depan RSAM dan penurunan Wowo. Untuk yang resmi, ada garis marka parkirnya, tarif mobil Rp 5.000 dan tarif motor Rp 2.000. Di luar itu, bisa dikatakan tidak resmi, seperti, pendakian Sovia, jalan Lenggogeni, samping Sovia menuju Parak Kopi,” paparnya.

Baca Juga:  Ramlan Nurmatias, Tarif Parkir per Jam Akan Dinaikkan

Melwizardi terus mengimbau untuk sama sama menciptakan kondisi yang aman dan nyaman.

“Kepada seluruh pengunjung parkirlah kendaraan pada tempatnya ada pengajuan atau perlakuan kita yang tidak sesuai dengan peraturan di tempat parkir resmi kita kita akan tindak lanjuti dengan penegakan aturan. Jika ada pungli, ambillah bukti, tunjukkan kepada kami lokasinya dan laporkan untuk kita tindak lanjuti,” ujarnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top