Kaba Terkini

Sukseskan Festival Rasuna Said 2021, YHLI Gelar Rapat Pembentukan Panitia

Maninjau, kaba12.com — Yayasan Hutan Lestari Indonesia (YHLI) bekerjasama dengan unsur pemuda se- Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam menggelar rapat khusus pembentukan panitia kegiatan event festival HR Rasuna Said tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021, Sabtu (29/5).

Rapat di aula kantor Camat Tanjung Raya itu turut dihadiri Ketua YHLI Ardedi Tanjung, Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin, Walinagari Maninjau Alfian, tokoh masyarakat se- Tanjung Raya, pemuda, dan tamu undangan lainnya.

Ketua YHLI Ardedi Tanjung mengatakan, rapat khusus pembentukan panitia ini dilakukan untuk membahas bidang kepanitiaan dan pembagian tugas dalam event Festival HR Rasuna Said tahun 2021.

Ia menyebut, event festival itu diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan atau mensosialisasikan sosok pahlawan nasional dari Maninjau yaitu Hajjah Rangkayo (HR) Rasuna Said ke khalayak ramai terutama kepada generasi muda.

Baca Juga:  Hidup Prihatin di Dharmasraya, Yur Diterima Camat Tanjung Raya

“Festival ini digelar sekaligus untuk mencerdaskan generasi muda yang tidak mengetahui sosok dan sejarah pahlawan nasional HR Rasuna Said. Dimana
Ia pernah dijuluki sebagai ‘Singa Betina’ dari Ranah Minang karena keberaniannya mengkritik pemerintah kolonial Belanda,” kata Ardedi Tanjung yang juga Ketua Umum Festival Rasuna Said 2021.

Ia menambahkan, ada beberapa kegiatan dan perlombaan yang akan dilaksanakan pada event festival tingkat Provinsi tersebut. Diantaranya menyantuni anak yatim, janda dan duda tua se- Tanjung Raya, festival tambua tansa, open turnamen Voli Ball, Maninjau Maraton, Bujang Sambilan Fun Bike, pacu biduak tradisional, fashion show, lomba karya tulis HR Rasuna Said, penanaman pohon, dan penebaran bibit ikan di Danau Maninjau.

Baca Juga:  Cortana dan Alexa Berkumpul di Laptop Windows 10

“Penyelenggaraan festival ini akan kita laksanakan pada bulan November mendatang, sekaligus dalam rangka menyambut hari pahlawan Nasional. Acara ini kita selanggarakan di Nagari Maninjau dan objek wisata Linggai Park,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya nanti akan meminta Bupati/Wali Kota se- Sumatera Barat untuk mempromosikan festival ini di daerahnya masing-masing. Baik melalui platform media sosial, ataupun spanduk/banner.

Mengingat kondisi saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, penyelenggaraan festival nantinya akan mengikuti segala SOP protokol kesehatan secara ketat. Hal ini mesti dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  PAUD Bina Mulia Canduang Simulasi Pemadaman Kebakaran

“Protokol kesehatan akan kita terapkan seketat mungkin dalam festival ini,” ulasnya.

Sementara itu, Walinagari Maninjau Alfian mengapresiasi YHLI bersama unsur pemuda se-Tanjung Raya yang akan menyelenggarakan festival Rasuna Said 2021.

Pihaknya bersyukur dengan akan diadakannya event tersebut karena mampu mengangkat nama pahlawan dari Nagari Maninjau.

“Tentu kami atas nama pemerintah dan masyarakat Nagari Maninjau akan mendukung secara penuh kegiatan ini. Kami berharap, semoga seluruh rangkaian acara bisa berjalan sukses,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top