Kaba Terkini

Posyantek Nagari Duo Koto Wakili Agam di Tingkat Provinsi

Duo Koto, kaba12.com — Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Petir, Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, menjadi perwakilan Kabupaten Agam pada lomba Posyantek tingkat Sumatera Barat tahun 2021 yang digelar Juni mendatang.

Sebelumnya Posyantek tersebut berhasil menjuarai lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Agam beberapa waktu lalu.

Walinagari Duo Koto Joni Safri mengatakan, sebanyak 15 inovasi teknologi tepat guna (TTG) akan diikutsertakan dalam lomba Posyantek di tingkat Provinsi Sumatera Barat. Ia menyebut, dari 15 TTG itu, motor pintar Nagari Duo Koto menjadi salah satu TTG yang bakal diunggulkan dalam perlombaan.

Baca Juga:  Puskesmas Tiku dan Muaro Putuih Terima Vaksin Covid-19

“Motor pintar atau bentor Damkar mini akan menjadi salah satu TTG yang diunggulkan Posyantek Nagari Duo Koto dalam mengikuti perlombaan di tingkat provinsi nanti,” kata Joni Safri kepada kaba12.com, Kamis (27/5).

Menurutnya, motor pintar tersebut menjadi TTG yang diunggulkan karena merupakan sebuah armada bentor yang dimodifikasi khusus untuk penanggulangan bencana, seperti kebakaran, banjir dan tanah longsor. Selain itu, armada itu juga bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai penunjang di sektor pertanian terutama untuk pengairan sawah.

Baca Juga:  Disparpora Agam Dorong Pengembangan Pulau Bangau

Ia menyebutkan, 14 TTG lainnya seperti alat pemotong pinang, alat pengupas kelapa, sepatu panjat pinang, dan sebagainya juga diikutsertakan pada beberapa kategori dalam perlombaan tersebut.

Dirinya mengakui bahwa keberadaan Posyantek tersebut dapat membantu masyarakat dengan ide-ide dan gagasan yang dimiliki. Sehingga segala alat teknologi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

“Alat yang ada di Posyantek ini bukan hanya dimanfaatkan di Nagari Duo Koto saja, tetapi masyarakat se- Tanjung Raya juga bisa memanfaatkannya,” ujar Walinagari.

Baca Juga:  Lima Hari ‘Kekeringan” Konsumen PDAM Agam Tapakiak

Kendati demikian, pihaknya meminta dukungan dan doa dari seluruh masyarakat agar Posyantek Nagari Duo Koto dapat menjuarai lomba di tingkat Provinsi Sumatera Barat. Sehingga nantinya bisa melaju pada perlombaan di tingkat nasional.

“Kami memohon dukungan dan doa restu dari masyarakat agar Posyantek Nagari Duo bisa memenangkan perlombaan, agar nantinya bisa mengharumkan nama daerah di tingkat nasional,” harapnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top