Bukittinggi

Perpustakaan SMAN 4 Bukittinggi Terbaik Sumbar

Bukittinggi, KABA12.com — SMA Negeri 4 Bukittinggi berhasil menjadi terbaik Sumbar dalam Penilaian Perpustakaan Sekolah Terbaik SLTA Tingkat Sumatera Barat 2021. Atas prestasi itu SMA Negeri 4 Bukittinggi berhak mewakili Sumbar mengikuti lomba yang sama untuk tingkat nasional bulan Juni mendatang.

Kepala SMA Negeri 4 Bukittinggi, Eli Noverma mengatakan, keberhasilan Pustaka SMA Negeri 4 jadi wakil Propinsi Sumbar itu setelah mengikuti penilaian provunsi pada bulan April lalu. Untuk mengikuti lomba tingkat nasional, SMA 4 Bukittinggi melakukan beberapa persiapan dan pembinaan.

“Tentu saja didukung penuh Pemko Bukittingg dan Provinsi Sumbar lewat Dinas Pendidikan dan Dinas Pustaka Kearsipannya. Selain berharap juara tingkat nasional, kegiatan ini pembinaan itu sangat membantu tim Pustaka SMA 4 Bukittinggi mewujudkan perpustakaan sesuai standard nasional perpustakaan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Netralitas dan Resiko Politik

Perpustakaan SMA 4 memiliki tiga klinik. Klinik Konseling yang merupakan ‘klinik’ layaknya rumah terapi bagi siswa, dengan solusi berupa buku untuk memecahkan masalah mental yang dialami.

Selanjutnya ada Klinik minat bakat yang merupakan tempat siswa mengembangkan minat dan bakatnya terutama di bidang seni dan sastra.

Baca Juga:  149 RTLH di Bukitttinggi Terima BSPS

Lalu ada Podcast Sempati TV sebagai tempat latihan rekaman, siaran, pengambilan audio yang dapat melatih bakat siswa di bidang Broadcasting ditambah fasilitas audiovisual yang sudah dibenahi.

Disamping itu, SMA 4 Bukittinggi memiliki produk pengembangan literasi seperti Majalah SEMPATI yang memuat karya guru dan siswa dan terbit secara kontiniu setiap tahun.

Pustaka SMA Negeri 4 Bukittinggi telah memiliki banyak koleksi buku. Koleksi digital ada sekitar 1500-an dan bisa dipinjam dari mana saja. Koleksi buku terus ditambah, sebagian besar di bidang pengetahuan umum dan E-book. Untuk judul ada 67.000 lebih. Kemudian, buku kumpulan puisi siswa yang ber-ISBN, buku kumpulan cerpen siswa yang ber-ISBN dan tulisan ilmiah populer di Surat Kabar Harian Rakyat Sumbar dan harian lainnya di Sumatra Barat. Tulisan ilmiah itu merupakan hasil karya siswa dan guru.

Baca Juga:  Sukses di Part 1, Warkop DKI Reborn Part 2 Dirilis  Idul Adha

“Selain berfungsi sebagai tempat meminjam dan membaca buku, Perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi sudah mengadakan beberapa iven antara lain Pemilihan Duta Perpustakaan, pembentukan Sahabat Perpustakaan, Lomba Mading, Lomba Desain logo dan sebagainya,” ujarnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top