Agam

Amanah Kaum Suku Chaniago, Dedi Herico Resmi Sandang Gelar Dt.Hitam

Lubukbasung, kaba12.com — Dedi Herico resmi menyandang gelar Dt.Hitam, payung pasukuan Chaniago di Nagari Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung, dalam prosesi malewakan gala secara adat di nagari Lubukbasung, Rabu,(26/5).

Prosesi malewakan gala di kediaman orangtua Dedi Herico itu, Yuzarlim St. Zainal juga dinobatkan sebagai panungkek untuk pasukuan tersebut, berlangsung sakral bahkan mendapat perhatian luas dari kalangan anak-kemenakan rang Chaniago di kecamatan Lubukbasung.

Bahkan, prosesi malewakan gala yang sudah dipersiapkan sejak awal itu, merupakan proses pengukuhan gelar batungkek budi, karena pemangku gelar Dt.Hitam yang sebelumnya meninggal dunia dan digantikan oleh Dedi Herico, sesuai amanah yang diberikan anak kemenakan kaum.

Prosesi malewakan gala yang dihadiri kalangan ninik mamak dari 7 suku nagari Lubukbasung, termasuk indu kaum Chaniago, berlangsung semarak bahkan meriah dengan ratusan papan karangan bunga dari berbagai unsur di kabupaten Agam.

Baca Juga:  Tiga Besar Calon Kepala DLH dan BPBD Agam Tunggu Persetujuan Bupati

Walau demikian, dalam seluruh tahapan malewakan gala yang digelar dari pagi hingga sore, seluruh tahapan berlangsung lancar dan kendala berarti, bahkan respon masyarakat sangat positif dengan dikukuhkannya sosok Dedi Herico yang menyandang gelar Dt.Hitam, karena berusia muda yang dikenal energik dan sangat disegani anak kemenakan.

Prosesi malewakan gala secara adat yang dihadiri para ninik mamak Nagari Lubukbasung termasuk ketua KAN Lubukbasung N.E.Dt.Simarajo, yang mengambil sumpah pengukuhan Dedi Herico Dt. Hitam, yang berlanjut ke Kantor KAN Lubukbasung, untuk prosesi legalisasi gelar adat secara administratif kenagarian.

Menurut N.E.Dt.Simarajo, Ketua KAN Lubukbasung, N. Dt. Simarajo, dengan proses malewakan gala, baik secara adat ataupun administrasi, Dedi Herico sah menyandang gelar angku Dt. Hitam di payung suku Chaniago.

Baca Juga:  Bupati Agam Melayat ke Pasaman Barat

“Kok yang kito angkek, lah kito sangkuikan ka rantiangnyo, alah disandakan pulo ka dahannyo, artinya angku D. Dt. Hitam sudah sah menjadi penghulu di suku Chaniago,” tegasnya.

Ditambahkan N.E.Dt.Simarajo, dengan diangkatnya angku D. Dt. Hitam sebagai penghulu, diharapkan dapat menjaga sumpah yang sudah diucapkan, termasuk menjaga jalinan silaturrahmi dalam kaum, dan kebersamaan dalam nagari.

“Mari kita bersama-sama, kok ado nan tacicia, samo kito kumpuakan, kok kusuik samo-samo disalasaikan, itu sangat kami harapkan dari angku D. Dt. Hitam beserta indu yang hadir dalam pengukuhan ini,” ujarnya.

Sementara menurut M.A.Dt.Manambun, salah satu pangulu indu D.Dt.Hitam yang hadir dalam rangkaian prosesi malewakan gala dan pengukuhan gelar Dt.Hitam yang disandang Dedi Herico, menyebutkan, seluruh rangkaian kegiatan malewakan gala Dt.Hitam yang sudah dipersiapkan sesuai ketentuan adat yang berlaku, berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah, seluruh tahapan sudah berjalan dengan baik dan sukses, D.Dt.Hitam sudah dilewakan dan dikukuhkan dihadapan ninik mamak dan pangulu di nagari Lubukbasung, bahkan secara administrasi sudah disahkan oleh nagari, “ sebut M.A.Dt.Manambun.

Baca Juga:  Disdukcapil Agam Masuk Sekolah Layani SMAN 2

M.A.Dt.Manambun,berharap dengan pengukuhan dan pengesahan Dedi Herico menyandang amanah sebagai Dt.Hitam, kaum suku Chaniago itu, bisa menjalankan amanah sesuai sumpah yang diucapkan, untuk kepentingan anak-kemenakan dan nagari.

Prosesi malewakan gala dan pengukuhaan D.Dt.Hitam, yang berlangsung sejak pagi hingga sore, baik di kediaman orangtuanya di kawasan Balai Salasa, Lubukbasung maupun di kantor KAN Lubukbasung, mendapat perhatian dan apresiasi banyak pihak.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top