Kaba Pemko Bukittinggi

BKPSDM Sosialisasikan Permen PAN-RB Tentang Sistem Manajemen Kinerja PNS

Bukittinggi, KABA12.com — Guna memberikan penjelasan detail terkait pengukuran penilaian kinerja, Badan Kepagawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bukittinggi mengadakan Sosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen Pan RB) nomor 08 tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Yuen Karnova pada Senin (24/05) di Hall Balaikota Bukittinggi. Dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dengan pemateri dari Kementrian Pan RB RI.

Baca Juga:  Pemkab. Agam Nilai Pos Kamling Terbaik 2018

Kepala BKPSDM Bukittinggi, Sustinna, mengatakan, salah satu permasalahan dan isu yang penting pengelolaan kinerja PNS adalah masih beragamnya penilajan kinerja PNS. “Walaupun sudah ada beberapa peraturan yang mengaturnya. Sehingga berdampak kepada disiplin maupun kinerja PNS yang bersangkutan,” jelasnya.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil diterbitkan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 61 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS.

“Menurut Permenpan RB No 8 Tahun 2021 yang dimaksud Sistem Manajemen Kinerja PNS adalah suatu proses sistematis yang terdiri dari perencanaan Kinerja; pelaksanaan, pemantauan dan pembinaan Kinerja; penilaian Kinerja; tindak lanjut; dan sistem informasi Kinerja. Permenpan RB ini akan diberlakukan mulai 1 Juli 2021,” paparnya.

Baca Juga:  Zarco Siap Buru Podium di Jerez

Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi, Yuen Karnova, mengatakan, keberadaan Permen Pan-RB Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil diterbitkan untuk mengatasi semua permasalahan dalam penilaian kinerja PNS.

Sosialisasi dan Bimtek diperlukan untuk memberikan penjelasan detail sehingga penilaian kinerja dapat dilaksanakan secara terukur. Sekaligus meningkatkan kompetensi pengelola kepegawaian di instansi masing-masing.

Baca Juga:  40 Rumah Parah Terendam Banjir. Endapan Lumpur Harus Disemprot

“Perlu ada perubahan mendasar manajemen kepegawaian tersebut. Karena target besar seorang PNS kedepan adalah lebih responsif dan akuntabel kepada masalah dan keadaan masyarakat. Hal itu terwujud dan tercapat di dalam catatan kinerja harian PNS,” tegasnya

Sosialiasasi berlangsung satu hari dan diikuti oleh Kepala SKPD, Sekretaris, Kepala Bagian Kasubag Umum dan Kepegawaian serta seluruh Pejabat Struktural di BKPSDM.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top