Kaba Terkini

Polisi Gelar Operasi Yustisi di Maninjau, 25 Pelanggar Prokes Terjaring

Maninjau, kaba12.com — Jajaran personil Kepolisian sektor (Polsek) Tanjung Raya menggelar operasi yustisi dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan terhadap masyarakat, Sabtu (22/5). Operasi yustisi yang dilaksanakan di Simpang Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam itu juga melibatkan personil TNI dari satuan Koramil 05 Tanjung Raya.

Pantauan kaba12.com dilokasi, dalam operasi tersebut petugas memeriksa dan memberhentikan pengendara yang tidak memakai masker. Mereka yang terjaring razia protokol kesehatan itu diberi sanksi berupa teguran dan datanya dimasukkan ke dalam aplikasi Sipelada.

Baca Juga:  Kamang Magek Tanam 1 Ton Bibit Kedele

Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin mengatakan, operasi yustisi itu dilaksanakan sekaligus untuk menegakkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro yang diterapkan di Sumatera Barat.

Ia menyebut, operasi yustisi digelar bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Covid-19.

“Kita melakukan operasi yustisi terhadap masyarakat atau pengendara yang melanggar aturan protokol kesehatan terutama yang tidak memakai masker. Mereka yang melanggar itu langsung kita tegur, dan datanya dimasukkan ke aplikasi Sipelada,” kata Iptu Akhiruddin kepada kaba12.com.

Baca Juga:  Gula Semut Simanis, Inovasi Warga Lawang Agam

Dari hasil operasi ini, petugas masih banyak menemukan masyarakat yang enggan menggunakan masker secara benar saat beraktifitas di luar rumah.

“Ada 25 orang pelanggar protokol kesehatan yang terjaring dalam operasi ini karena tidak memakai masker saat berkendara,” ujarnya.

Disebutkan, pelanggar protokol kesehatan itu didominasi adalah penumpang minibus dan pengendara motor. Mereka yang terjaring langsung diberi teguran dan arahan secara humanis dan persuasif agar kedepannya tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

Baca Juga:  Zayn Malik Ciptakan Lagu untuk Film Bollywood

Kendati demikian, pihaknya meminta masyarakat agar meningkatkan kesadaran diri dalam menerapkan protokol kesehatan demi mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Upaya itu mesti dilakukan sekaligus menyikapi perkembangan kasus positif Covid-19 di Agam kembali meningkat sejak beberapa waktu terakhir.

“Mari bersama-sama kita tingkatkan kesadaran dalam menjalankan protokol kesehatan. Selalu pakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak adalah kunci utama untuk mengakhiri pandemi Covid-19,” jelas Iptu Akhiruddin.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top