Kaba Terkini

Libur Lebaran 2021, Pengendara Dihimbau Waspada Melintas di Kelok 44

Maninjau, kaba12.com — Kepolisian sektor (Polsek) Tanjung Raya menghimbau masyarakat atau para pengguna jalan agar lebih berhati-hati dan waspada saat melintas di ruas jalan Lubukbasung-Bukittinggi di kawasan Kelok 44.

Apalagi di masa libur lebaran tahun 2021, volume kendaraan yang melewati jalur ekstrim tersebut sudah mulai meningkat.

“Kami himbau kepada para pengendara yang melintas di jalan raya terutama di Kelok 44 untuk lebih ekstra berhati-hati agar terhindar dari resiko kecelakaan. Karena jalur tersebut dinilai sangat ekstrim, maka semua aturan berlalulintas mesti harus ditaati oleh pengguna jalan,” ujar Kapolsek Tanjung Raya AKP Yudi Partanto kepada kaba12.com, Sabtu (15/5).

Baca Juga:  Dampak Hujan Lebat Sariak Laweh Terancam Longsor Besar

Ia mengatakan, jalur Kelok 44 memiliki aturan khusus bagi pengendara yang melewatinya. Seperti memprioritaskan kendaraan dari arah bawah, membunyikan klakson di setiap kelok (tikungan), dan tetap sabar dalam berkendara.

“Selain itu, Satlantas Polres Agam telah memberikan spanduk berisi himbauan dan peringatan di sejumlah titik jalan di Kelok 44. Spanduk itu dipasang agar pengendara selalu tertib dalam berlalulintas,” katanya.

Sejak Sabtu pagi, lanjut Kapolsek, volume kendaraan yang melintas dari arah Lubukbasung menuju Bukittinggi maupun sebaliknya terpantau ramai lancar.

Baca Juga:  Tak Tunggu Lama, Pengedar Shabu Diringkus Petugas

Namun kondisi ini diakuinya bisa diatasi, sehingga tidak menimbulkan kemacetan di beberapa titik rawan.

Lebih lanjut disebutkan, saat masa libur lebaran Idul Fitri 1442 H pihaknya belum menerima laporan informasi terkait adanya kecelakaan atau permasalahan di jalur Kelok 44.

Meski demikian, ia berharap hal itu tidak terjadi dengan catatan para pengendara tetap patuh dan tertib berlalulintas.

Kapolsek menambahkan, kepada pengemudi mobil bak terbuka atau pick up diminta untuk tidak mengangkut penumpang manusia di belakangnya karena dinilai sangat berbahaya. Jika ditemukan, lanjutnya, petugas yang berjaga di sejumlah pos pengamanan lebaran akan memberikan tindakan kepada pengendara bak terbuka tersebut.

Baca Juga:  MoU SPAM Bukittinggi- Agam Ditandatangani

“Kami akan berikan tindakan dan teguran kepada pengemudi mobil bak terbuka yang nekat mengangkut penumpang dibelakang,” ungkapnya.

Ia berharap, masyarakat atau pengguna jalan diminta untuk tetap mematuhi rambu-rambu dan aturan lalulintas, agar terhindar dari resiko kecelakaan.

“Jadi, setiap pengendara tolong patuhi semua rambu-rambu dan aturan lalulintas, karena ini semua demi keselamatan, kenyamanan, dan keamanan saat berkendara,” jelas Kapolsek.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top