Kaba Pemko Bukittinggi

Warga Tetap Laksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid

Bukittinggi, KABA12.com — Meskipun sudah ada edaran dari Menteri Agama, Gubernur Sumbar dan Wali Kota, pada umumnya, warga Bukittinggi tetap melaksanakan shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah di masjid, Kamis (13/05). Namun, pihak masjid pun menggelar shalat Id dengan menerapkan protokol kesehatan, salah satunya di Masjid Jami’ Tarok.

Pengurus Masjid Jami’ Tarok Bukittinggi, H. Irman, menjelaskan, memang ada surat edaran Mentri Agama, Gubernur Ramadhan dan Wali Kota Bukittinggi untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah saja. Namun pihaknya telah melaksanakan rapat bersama Niniak Mamak dan masyarakat, yang sepakat untuk tetap melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid ini.

Baca Juga:  Gembira Loka Zoo Yogyakarta-Bukittinggi Jajaki Kerjasama

“Untuk itu pihak masjid juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Di setiap pagar masuk masjid, terdapat petugas yang melakukan pemeriksaan suhu tubuh jemaah. Bagi yang tidak menggunakan masker, memiliki suhu tubuh di atas 37 derjat, tidak diperkenankan masuk area masjid,” jelasnya.
Pihak pengurus masjid Jami’ Tarok juga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Baca Juga:  PPK Guguak Panjang Selesaikan Rekapitulasi Surat Suara

Salah seorang warga Tarok Dipo yang tidak ingin disebutkan namanya, menyampaikan, dirinya tetap melaksanakan shalat Idul Fitri, karena tidak ingin kehilangan kesempatan yang hanya ada satu kali setahun.

“Memang sekarang sedang pandemi covid-19. Namun, ibadah kepada Allah tetap harus dilaksanakan. Meskipun ibadah sunat, namun momentnya kan hanya satu kali setahun, dua kali dengan Idul Adha. Kesempatan yang saya rasa harus dapat dimanfaatkan. Tapi protokol kesehatannya kan tetap kita jalankan. Masker dipakai, cuci tangan dan menjaga jarak setelah shalat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Walikota Resmikan Kampung Warna-Warni Janjang Pesanggerahan

Pantauan KABA12.com, ribuan masyarakat Bukittinggi tetap melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid masjid yang menyelenggarakan shalat Id. Pada umumnya, pihak masjid pun tetap menerapkan protokol kesehatan.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top