Kaba Terkini

Bupati Terbitkan Surat Edaran, Agam “ Lebaran “ di Rumah Saja

Lubukbasung, kaba12.com — Bupati Agam terbitkan surat edaran 400/222/Kesra/V/2021 tanggal 9 Mei 2021 tentang ketentuan penyelenggaraan shalat hari raya Idul Fitri dan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan prosesi lebaran tahun ini.

klik disini: Surat Edaran Bupati Agam

Ketentuan yang mengatur kegiatan hari raya Idul Fitri dimasa pandemic covid-19 yang memasuki tahun kedua, dimana posisi kabupaten Agam yang berada di zona orange sampai tanggal 9 Mei, menutup kemungkinan digelarnya shalat hari raya Idul Fitri di lapangan terbuka atau di mesjid-mesjid, penutupan objek wisata, kegiatan open house, reuni dan bentuk acara lain yang menghimpun banyak orang, sehingga berpotensi memicu penularan covid-19.

Baca Juga:  Camat Palembayan Bubar Dengan IPSI

SE Bupati Agam itu, merujuk surat edaran gubernur Sumbar, khusus untuk kegiatan ibadah shalat hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Pemkab.Agam tidak memperbolehkan warga menggelar kegiatan shalat hari raya Idul Fitri di mesjid dan di lapangan terbuka, karena berpotensi menghimpun banyak orang.

Menjawab kaba12.com, terkait dengan penerapan edaran tersebut, Asisten II Sekab.Agam Yosefriawan menegaskan, hal itu diharapkan bisa langsung ditindaklanjuti di lapangan oleh masyarakat, sebagai wujud perhatian dan tanggungjawab bersama untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

Baca Juga:  Kopi Data. Potensi Menjanjikan di Palembayan

Peran aktif dan kepedulian masyarakat diharapkan bisa lebih maksimal, karena upaya memutus rantai penyebaran covid-19, membutuhkan kolaborasi bersama seluruh elemen yang ada, “ kuncinya perhatian dan dukungan masyarakat, “sebut Yosefriawan.

Dilain pihak, terkait dengan efektivitas dan sangsi yang kemungkinan diterapkan untuk warga atau pihak –pihak yang melanggar ketentuan yang sudah digariskan, Yosefriawan menyebut, surat edaran terkait dengan larangan kegiatan selama lebaran tersebut, mengacu pada Perda.No.06 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru (AKB) Sumbar, yang akan dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Agam.

Baca Juga:  Bhayangkara Expo 2017 Dipujikan

Sementara informasi yang diperoleh kaba12.com, surat edaran terkait dengan ketentuan dan pelarangan kegiatan shalat Idul Fitri di mesjid dan lapangan, penutupan objek wisata dan kegiatan hiburan, menuai reaksi beragam dari berbagai komponen masyarakat, yang membandingkan tidak adanya pembatasan kegiatan pasar yang beberapa hari terakhir penuh sesak karena persiapan lebaran warga serta kegiatan lain yang diserbu banyak warga.

Kuat dugaan, surat edaran dan pelarangan yang disampaikan pemerintah tersebut, akan banyak diabaikan masyarakat di berbagai tempat.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top