Kaba Terkini

H-6 Lebaran Idul Fitri, Harga Cabai-Bawang di Agam Merangkak Naik

Maninjau, kaba12.com — Memasuki H-6 lebaran Idul Fitri tahun 2021, harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Kabupaten Agam mulai merangkak naik. Seperti harga cabai merah keriting, bawang merah, dan bawang putih.

Salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Fitnawilis (47) mengatakan, sejumlah bahan pokok mulai mengalami kenaikan harga pada saat menjelang lebaran Idul Fitri. Ia menyebut, harga cabai merah keriting saat ini dijual berkisar Rp 30 ribu per kilogram, sebelumnya Rp 20 per kilogram.

Baca Juga:  Terseret Ombak, Warga Agam ini Hilang di laut

“Iya, harga cabai merah keriting sekarang naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Kenaikan harga diperkirakan sudah terjadi sejak sepekan yang lalu,” kata Fitnawilis saat ditemui kaba12.com, Jum’at (7/5).

Ia mengaku, selain faktor menjelang lebaran, kenaikan harga cabai juga disebabkan oleh terbatasnya stok dari tingkat distributor. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan dari masyarakat pada bulan Ramadhan.

Baca Juga:  4 tahun, DKP Catat 41.694 Ton Pakan Ikan Mengendap di Dasar Danau

Selain itu, kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah. Saat ini, salah satu bumbu dapur itu dijual pedagang berkisar Rp 25 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram.

Sedangkan harga bawang putih saat ini dijual berkisar Rp 23 ribu, sebelumnya Rp 18 ribu per kilogram.

“Untuk harga bawang saat ini naik Rp 5 ribu dari harga sebelumnya. Sekarang bawang merah dijual Rp 25 ribu per kilogram, sementara bawang putih Rp 23 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Baca Juga:  Polisi Lumpuhkan Pelaku Bom Rusunawa Wonocolo

Ia menambahkan, kenaikan harga sejumlah bahan pokok ini merupakan hal biasa yang terjadi pada setiap tahunnya menjelang lebaran Idul Fitri. Disamping itu, ia juga mengaku saat ini belum terjadi lonjakan permintaan dari pembeli.

“Diperkirakan para pedagang bahan pokok di pasar akan ramai pembeli saat mendekati lebaran atau tepatnya pada H-4 nanti,” katanya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top