Kaba Terkini

Semangat Literasi di Bulan Ramadhan, Rumah Pintar Tunas Muda Nagari Duo Koto Gelar Lomba Puisi

Duo Koto, kaba12.com — Perpustakaan Rumah Pintar Tunas Muda Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, mengadakan lomba baca puisi Islam untuk tingkat pelajar SD, Rabu (5/5).

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Perpustakaan Rumah Pintar itu dalam rangka menyemarakkan semangat literasi pada bulan Ramadhan 1442 H.

Lomba baca puisi tingkat anak-anak tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, Muhammad Arsyid. Turut hadir dalam kegiatan itu Camat Tanjung Raya Handria Asmi, Walinagari Duo Koto Joni Safri, Kepala Perpustakaan Rumah Pintar Tunas Muda Nova Maharani, dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga:  Pohon Tumbang di Objek Wisata Pasie Tiku Hantam Kedai Warga

Kepala Perpustakaan Rumah Pintar Tunas Muda Duo Koto, Nova Maharani mengatakan, lomba baca puisi yang bertemakan ‘semarak literasi Ramadhan’ diikuti sebanyak 20 orang peserta dari tingkat SD atau anak-anak se- Nagari Duo Koto. Ia menyebut, lomba puisi ini dilaksanakan selama satu hari penuh di gedung Perpustakaan Rumah Pintar Tunas Muda.

“Tujuannya adalah supaya anak-anak ini bisa lebih mencintai budaya literasi dan meningkatkan kreatifitasnya dalam bentuk seni baca puisi, sehingga mampu memajukan pendidikan mereka ke arah yang lebih baik,” kata Nova kepada kaba12.com.

Baca Juga:  IWO Agam Bagi-Bagi Masker di Kampus STAIN Kubang Putiah

Ia menambahkan, adanya perlombaan ini diharapkan anak-anak Nagari Duo Koto bisa lebih mencintai dunia literasi sejak dini, baik dari segi membaca, menulis, dan berpikir. Sehingga nantinya mereka bisa terus berkarya terutama di dunia literasi.

Sementara itu Walinagari Duo Koto Joni Safri sangat mendukung kegiatan lomba baca puisi yang diselenggarakan Rumah Pintar Tunas Muda dengan memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan. Menurutnya, kegiatan ini dinilai sangat positif karena dapat memajukan sektor pendidikan bagi anak-anak Nagari Duo Koto.

“Semoga dengan adanya lomba baca puisi ini dapat meningkatkan minat baca generasi muda guna mendorong kemajuan pendidikan di tengah pandemi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Rumah Pintar Nagari Duo Koto Bakal Hadirkan Pustaka Digital Keliling

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, Muhammad Arsyid mengapresiasi Perpustakaan Rumah Pintar Tunas Muda Nagari Duo Koto yang telah menggelar kegiatan lomba baca puisi Islami untuk tingkat pelajar SD atau anak-anak. Ia menyebut, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi Nagari lain untuk meningkatkan dunia literasi agar bisa terarah ke sisi yang lebih positif.

“Mudah-mudahan kegiatan lomba yang digelar kali ini bermanfaat bisa bermanfaat, terutama untuk menambah kecintaan anak-anak terhadap dunia literasi dan memajukan pendidikan,” ujarnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top