Kaba Terkini

Dinas Arpus Agam Respon Positif Lomba Puisi di Nagari Duo Koto

Duo Koto, kaba12.com — Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam merespon positif terhadap lomba baca puisi Islami tingkat pelajar SD atau anak-anak yang digelar Perpustakaan Rumah Pintar Tunas Muda Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (5/5).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, Muhammad Arsyid mengatakan, lomba tersebut dinilai sangat baik karena memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan untuk mengisi kegiatan di perpustakaan nagari guna mencerdaskan generasi muda.

“Kita menilai kegiatan ini sangat positif sekali. Apalagi Rumah Pintar Tunas Muda Nagari Duo Koto merupakan perpustakaan berbasis inklusi sosial, sehingga segala kegiatan apapun bisa dipusatkan disini. Termasuk lomba baca puisi Islami yang digelar hari ini dengan tujuan mengajak anak-anak untuk mencintai dunia literasi,” kata Muhammad Arsyid kepada kaba12.com usai membuka resmi lomba tersebut.

Baca Juga:  Angin Kencang di Malalak Pohon Tumbang Hantam Rumah Mukhtar

Menurutnya, perpustakaan berbasis inklusi itu tidak hanya dimanfaatkan sebagai pusat membaca. Tetapi segala kegiatan positif yang bermanfaat bisa dilakukan disini dalam rangka menumbuhkan ide-ide baru.

Kendati demikian, pihaknya menantang perpustakaan Rumah Pintar Tunas Muda itu untuk menggelar kembali lomba tersebut pada tahun depan, tetapi dengan konsep berbeda.

“Kita tantang perpustakaan ini kembali mengadakan lomba serupa pada tahun depan, dengan konsep baru yaitu menciptakan puisi. Jadi anak-anak itu yang menciptakan dan membaca puisi, agar kreatifitas mereka bisa lebih meningkat,” ujarnya.

Ia menambahkan, Rumah Pintar Tunas Muda Duo Koto diharapkan bisa menjadi ujung tombak atau percontohan di Kecamatan Tanjung Raya untuk mengembangkan perpustakaan di Nagari masing-masing.

Baca Juga:  Facebook Sempurnakan Algoritma News Feed

Lebih lanjut disebutkan, bahwa Kabupaten Agam sudah dua kali mewakili Sumatera Barat dalam meraih prestasi perpustakaan terbaik dan berbasis inklusi.

Dimana dua perpustakaan di Agam yaitu, perpustakaan Nagari Sungai Pua di Kecamatan Sungai Pua, dan perpustakaan Nagari Lubukbasung di Kecamatan Lubukbasung mendapat prestasi perpustakaan terbaik pada tahun 2019.

Sedangkan pada tahun 2020, perpustakaan Nagari Lubukbasung di Kecamatan Lubukbasung kembali meraih prestasi yang sama, bersamaan dengan perpustakaan Nagari Koto Tangah di Kecamatan Tilatang Kamang. Seluruh perpustakaan nagari yang berprestasi itu dianugerahi penghargaan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Sementara itu Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengaku bangga dengan lomba baca puisi yang diselenggarakan oleh perpustakaan Rumah Pintar Tunas Muda Nagari Duo Koto. Dimana kegiatan ini gelar berkat peran serta Walinagari Joni Safri untuk memajukan pendidikan di masa pandemi.

Baca Juga:  Hari Terakhir Grebek Sahur Ramadhan 1422 H, Tim I Sahur Bersama di Rumah Muzni

Ia juga menilai panitia lomba juga memiliki semangat tinggi dan mempunyai visi misi terbaik. Oleh karena itu, hal ini perlu dorongan dari seluruh pihak agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

“Disamping itu, kita berharap kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya di Nagari Duo Koto saja, melainkan nagari lainnya juga harus memunculkan rumah pintar atau perpustakaan seperti ini dengan bentuk berbeda, tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mencerdaskan generasi muda melalui dunia literasi,” jelas Handria Asmi.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top