Kaba Terkini

SKPD Rapatkan Barisan Wujudkan Bukittinggi 100 Persen ODF

Bukittinggi, KABA12.com — Sejumalh SKPD di lingkungan Pemko Bukittinggi mengikuti rapat lintas SKPD, di Aula Bapelitbang, Selasa (04/05).

Rapat dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Bukittinggi bebas dari aktifitas masyarakat terkait buang air besar sembarangan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Ismail, menjelaskan, saat ini posisi Bukittinggi sudah mencapai 90 persen lebih stop buang air besar sembarangan (BABS) atau yang kini dengan istilah ODF (Open Defecation Free).

Selain itu, juga dilakukan verifikasi ODF kota Bukittinggi yang dilaksanakan LS terkait tingkat provinsi yang terdiri dari Dinas Kesehatan Sumbar, organisasi profesi, Hakli, PKBI, Pokja IV provinsi, fasilitator STBM provinsi.

Baca Juga:  Mobil Wakil Ketua KPAI Dibobol Maling

“Dari hasil verifikasi lapangan itu, direkomendasikan agar dapat dibuatkan komitmen SKPD untuk intervensi nya sehingga tidak ada lagi di kota Bukittinggi yang BABS. Upaya ini dapat diwujudkan dengan kerjasama seluruh SKPD dan didukung oleh masyarakatnya sendiri. Sehingga target Bukittinggi 100 persen ODF dapat direalisasikan,” jelasnya.

Ismail menambahkan, dari data lapangan, terdapat sejumlah warga di beberapa kelurahan yang masih melakukan BABS atau tidak memiliki septic tank. Sehingga harus ada strategi untuk merubah kebiasaan masyarakat tersebut.

Baca Juga:  50% Migran Indonesia Korban TPPO

“Memang pada sebagian masyarakat tersebut, ada yang terkendala lahan dan juga ada beberapa faktor ekonomi juga. Ini yang kita bahas saat ini bagaimana persoalan ini dapat dituntaskan. Apalagi kita akan memasuki penilaian kota sehat 2021,” ungkap Ismail.

Sementara itu, Plt Asisten II Setdako, Melfi Abra, menyampaikan, dalam mewujudkan Bukittinggi 100 persen ODF ini, tentunya butuh kersama seluruh SKPD. Ini salah satu langkah mewujudkan Bukittinggi yang lingkungan dan masyarakatnya sehat.

Baca Juga:  Warga Temukan Bunga Bangkai di Hutan Maninjau

“Ini langkah yang sangat baik. Bagaimana seluruh SKPD secara bersama bahu, yang diawali dengan rapat lintas SKPD, untuk mewujudkan Kota Bukittinggi stop buang air besar sembarangan (BABS) atau ODF ini. Selanjutnya, hasil rapat ini akan kita bawa ke wali kota, untuk diplenokan, sebagai salah satu bentuk komitmen Pemko Bukittinggi dalam mewujudkan Kota yang sehat dengan 100 persen ODF,” tegasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top