Kaba Terkini

Operasi Yustisi Efektif Tingkatkan Kesadaran Warga Pakai Masker

Maninjau, kaba12.com — Kepolisian sektor (Polsek) Tanjung Raya menyebut bahwa kegiatan operasi yustisi yang rutin dilakukan dinilai efektif terhadap meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan terutama memakai masker.

Apalagi operasi yustisi yang gencar dilaksanakan di pusat keramaian seperti pasar tradisional membuat para pedagang dan pengunjung semakin disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin mengatakan, kegiatan operasi yustisi itu dilakukan sekaligus dalam rangka menegakkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro yang sedang diterapkan di Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga:  Drainase Tersumbat, Surau Kariang Banjir

“Alhamdulillah, semenjak kita melakukan operasi yustisi secara rutin di pasar tradisional, para pengunjung dan pedagang pasar sudah mulai meningkat dalam menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker. Bahkan peningkatan penggunaan masker di pasar bisa dikatakan sudah 99 persen,” kata Iptu Akhiruddin kepada kaba12.com, usai melakukan operasi yustisi di Pasar Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Selasa (4/5).

Dalam operasi yustisi yang dilakukan di Pasar Maninjau, pihaknya masih menemukan sejumlah masyarakat yang lalai dalam menggunakan masker. Salah satunya adalah memakai masker tetapi hanya di dagu saja. “Nah, mereka yang lalai seperti itu kita himbau agar betul-betul memakai masker dengan benar apalagi saat beraktivitas di tempat keramaian,” ujarnya.

Baca Juga:  Awal Tahun Mesti Beri Warna Baru di SMKN 2

Ia menyebutkan, pihaknya juga memberi teguran terhadap beberapa warga yang tidak memakai masker saat berada di areal pasar.

“Warga yang tidak pakai masker di areal pasar, kita beri teguran. Bahkan kita juga perintahkan mereka untuk membeli masker dan memakainya demi kesehatan diri sendiri dan orang lain agar terhindar dari paparan Covid-19,” ungkap Iptu Akhiruddin.

Baca Juga:  Ketua DPRD Imbau Warga Agam Gelar Kampanye Dengan Santun

Kedepan, Polsek Tanjung Raya akan terus berpatroli ke tempat keramaian dalam rangka mengingatkan dan mendisiplinkan masyarakat supaya taat menjalankan protokol kesehatan.
Apalagi penerapan PPKM skala mikro yang dilakukan saat ini bertujuan untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

“Kita berharap agar masyarakat bisa tetap terjaga dan aman dari penularan Covid-19 ini. Tentunya hal ini disertai dengan mendisiplinkan diri dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama yang 3M itu. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top