Kaba Terkini

Sekolah Diliburkan, Pelajar Antusias Kunjungi Pustaka Nagari Duo Koto

Duo Koto, kaba12.com — Sejumlah pelajar yang ada di Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mulai memanfaatkan waktu libur sekolahnya dengan cara mengunjungi Perpustakaan Nagari Duo Koto atau Taman Baca Rumah Pintar. Mereka yang didominasi pelajar tingkat SD ini terlihat antusias melakukan berbagai aktifitas di Pustaka Nagari Duo Koto.

Kepala Pustaka Nagari Duo Koto, Nova Maharani menyebutkan, antusiasme para pelajar mengunjungi Pustaka Nagari Duo Koto atau Taman Baca Rumah Pintar sudah terasa semenjak adanya intruksi dari pemerintah terkait pemberhentian sementara proses belajar mengajar (PBM) tatap muka di sekolah lantaran melonjaknya kasus positif Covid-19 sejak beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  DPMN Agam Gelar Bimtek Partisipatory Planning

Saat ini pengunjung perpustakaan tersebut didominasi oleh pelajar SD yang ada di Nagari Duo Koto.

“Sejak sekolah diliburkan, para pelajar yang didominasi tingkat SD mulai berbondong-bondong mengunjungi Pustaka Nagari Duo Koto. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan mereka disini, seperti membaca buku, belajar komputer, dan bermain tenis meja,” ujar Nova Maharani kepada kaba12.com, Senin (3/5).

Ia menambahkan, ada sekitar 20 orang pelajar setiap harinya mengunjungi Pustaka Nagari ini. Apalagi dengan fasilitas yang cukup memadai seperti, tersedianya komputer dan jaringan Wi-Fi mereka terlihat betah dan bersemangat melakukan aktifitas tersebut.

Baca Juga:  Lembaga Nagari Bereaksi, Minta Hasil Operasi Pekat Diusut Tuntas

“Adanya perpustakaan ini kami merasa turut andil dalam mendukung tercapainya proses pendidikan bagi para pelajar di masa pandemi,” katanya.

Nova menyebutkan, pihaknya juga selalu mengawasi para pelajar yang melakukan berbagai kegiatan di perpustakaan, terutama dalam memakai internet agar tidak menyalahgunakannya untuk hal negatif.

“Setiap pelajar yang menggunakan komputer, seluruh aktifitasnya selalu kami pantau. Kami juga rutin menghimbau mereka agar tidak membuka hal-hal yang negatif karena dapat merusak otak dan mental mereka,” ungkapnya.

Ke depan, pihaknya akan terus meningkatkan seluruh fasilitas di Pustaka Nagari Duo Koto demi mewujudkan kenyamanan bagi para pengunjung. Selain itu, Pustaka Nagari Duo Koto akan terus melakukan berbagai program utama, salah satunya adalah membuka lapak baca keliling di berbagai tempat seperti sekolah, MDA, rumah tahanan, panti asuhan, dan lainnya.

Baca Juga:  Kosong 3 Bulan, Enam Jabatan Kepala Dinas Kembali Terisi

Saat ini Perpustakaan Nagari Duo Koto memiliki jumlah buku yang cukup banyak. Ada sekitar 1500 eksemplar buku berbagai macam jenis dan judul yang tersedia disini. Diantaranya tentang pengetahuan anak-anak, kisah nabi, novel cerita, kamus, agama Islam, keterampilan, pengetahuan umum, kesehatan, teknologi dan sebagainya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top