Kaba Terkini

Penyaluran BLT DD Tahap II Tahun 2021 di Nagari Maninjau Tuntas

Maninjau, kaba12.com — Pemerintah Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam telah menuntaskan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap kedua kepada 40 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di Nagari itu. Masing-masing penerima kembali mendapat bantuan tunai senilai Rp 300 ribu.

Kasi Pemerintahan Nagari Maninjau, Emilia Anwir mengatakan, penyaluran BLT DD tahap kedua kepada KPM itu sudah dituntaskan sejak tanggal 26 April lalu. Ia menyebut, proses pendistribusian bantuan dilakukan dengan dua sistem, yaitu dijemput langsung oleh KPM ke kantor Walinagari dan diantar Wali Jorong terkait ke rumah penerima.

Baca Juga:  Manfaat Air Kelapa Untuk Berbuka Puasa

“BLT DD tahap kedua sudah kita salurkan ke penerima pada 26 April lalu. Nilainya Rp 300 ribu per KPM untuk periode bulan Februari 2021,” kata Emilia kepada kaba12.com, Senin (3/5).

Ia menambahkan, penerima BLT DD di tahun 2021 merupakan warga miskin yang sesuai dengan kriteria atau indikator pada aplikasi Kementerian Sosial RI. Dimana sebelumnya Pemerintah Nagari telah melaksanakan musyawarah khusus untuk penetapan calon KPM.

Baca Juga:  Warga Diminta Waspada Dampak Cuaca Ekstrem

Lebih lanjut disebutkan, saat ini seluruh KPM BLT DD di Nagari Maninjau telah mendapatkan bantuan tunai dengan total Rp 600 ribu. Pada penyaluran tahap pertama, mereka mendapat bantuan Rp 300 ribu. Sedangkan tahap kedua ini nominalnya masih sama yaitu Rp 300 ribu.

“Penyaluran BLT DD ini akan terus berlanjut selama tahun 2021,” sebutnya.

Baca Juga:  DPMN Gelar Rakor KAN se-Kabupaten Agam

Ia menuturkan, adanya penyaluran bantuan tunai kepada warga miskin diharapkan dapat meningkatkan roda perekonomiannya di masa pandemi. Apalagi pemerintah pusat sudah mencanangkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan pendistribusian BLT kepada warga kurang mampu.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan khususnya di sektor ekonomi,” ujar Emilia.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top