Kaba Terkini

UPZ Nagari Manggopoh Dikukuhkan, Ridwan Dt.Tumbijo : Potensi Zakat di Manggopoh Besar

Manggopoh, kaba12.com — Potensi zakat dari berbagai elemen masyarakat di Nagari Manggopoh, kecamatan Lubukbasung diyakini sangat besar, namun selama ini belum sepenuhnya tergarap maksimal. Padahal,sesuai perkembangan potensi yang ada, kegiatan ekonomi masyarakat pun bergerak lugas.

Untuk memaksimlakn hal itu, Pemerintah Nagari Manggopoh bersepakat membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ), untuk mengoptimalkan potensi zakat di nagari.

Untuk merealisasikannya Ketua BAZNas Afam H.Eldi Zein, mengukuhkan UPZ Nagari Manggopoh periode 2021-2026 masing-masing dijabat, Ketua, Yaldi Umar, Wakil Ketua, Subrantas, Sekretaris, Hidayatullah, Bendahara, Yanti Novita dan bidang-bidang seperti, bidang pengumpulan, pendistribusian dan pemberdayaan, sosialisasi, survey dan validasi, serta humas dan sekretariat.

Baca Juga:  PS.Pemkab Agam Jamu Dharmasraya

Dalam sambutannya, Ketua Baznas Agam, H.Eldi Zein mengapresiasi komitmen Walinagari Manggopoh dan jajaran pemerintah nagari Manggopoh yang menggagas pembentukan UPZ di nagari tersebut dan sudah bisa direaliasikan saat ini.

Disebutkan Eldi Zein, UPZ adalah perpanjangan tangan Baznas, yang diamanahkan melalui UU 23 tahun 2011 dan turunannya peraturan Baznas nomor 2 tahun 2016 tentang UPZ.


Dijelaskan, pengurus UPZ di SK-kan oleh BAZNas untuk legalitas kewenangan mengumpulkan zakat di nagari, serta berperan mendistribusikan zakat kepada mustahik di nagari masing-masing, dengan kewajibannya membuat laporan setiap bulan untuk disampaikan ke Baznas Agam.

Baca Juga:  Si Gulambai Bakar Lapangan Cindua Mato Batusangkar

Sementara menurut Ridwan Dt.Tumbijo,Wali Nagari Manggopoh, menyebut, potensi zakat di Nagari Manggopoh sangat besar, namun belum tergali secara optimal,keberadaan UPZ Nagari diharapkann bisa menggali potensi zakat di Manggopoh, termasuk dalam mengelola ZIS.

Ridwan Dt.Tumbijo mengaku optimis, dengan kerja keras bersama, potensi ZIS yang luar biasa di Nagari Manggopoh, UPZ akan berkembang dengan baik, “ kita berupaya maksimal mendorong terhimpunnya potensi ZIS di UPZ Nagari, “ sebutnya.

Baca Juga:  Prabowo-Sandiaga Uno Cari Waktu dan Cara Tepat Kampanyekan NA-IC di Sumbar

Walinagari Manggopoh itu mengilustrasikan potensi zakat fitrah saat bulan Ramadhan ini, dia berharap pengurus UPZ bisa mengajak masyarakat membayarkan zakat fitrahnya melalui UPZ, untuk disalurkan kepada orang yang berhak menerima di Nagari Manggopoh.

“Penduduk di Nagari Manggopoh ada sekitar 23 ribu jiwa, terkumpul saja zakat fitrahnya Rp30 ribu per orang. Bisa dibayangkan berapa jumlah zakat yang dapat disalurkan untuk warga berhak menerima,” jelasnya.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top