Agam

Camat Tanjung Raya Apresiasi Anak Nagari Bayua Selenggarakan Lomba MTQ di Bulan Ramadhan

Bayua, kaba12.com — Camat Tanjung Raya Handria Asmi memberi apresiasi khusus kepada anak Nagari Bayua yang tengah menyelenggarakan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- VI tingkat pelajar dan umum pada bulan suci Ramadhan 1442 Hijiriah. Pelaksanaan lomba ini digelar selama dua hari Sabtu dan Minggu (1-2/5) yang dipusatkan di Masjid Raya Bayua.

“Kita atas nama Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya mengapresiasi anak Nagari Bayua karena telah menyemarakkan masjid melalui lomba MTQ ini. Kita berharap kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh anak-anak atau generasi muda saja, tapi seluruh unsur termasuk para orang tua ikut dalam memahami isi kandungan Al-Qur’an,” kata Handria Asmi kepada kaba12.com usai membuka kegiatan tersebut, Sabtu.

Baca Juga:  Bupati Agam Buka Muscab VII IBI Agam, Yosefriawan : Pemerintah Apresiasi Eksistensi IBI

Menurutnya, antusiasme para peserta MTQ sangat tinggi sekali, dimana hal itu dibuktikan dengan adanya keterlibatan masing-masing Jorong memiliki kekuatan Khalifah untuk mengikuti seluruh cabang perlombaan.

“Antusiasme peserta MTQ sangat tinggi sekali. Tinggal lagi setelah kegiatan ini digelar, kita mulai membina mencari bibit untuk kemampuan peserta di tingkat Kecamatan dari perwakilan Nagari masing-masing,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak atas partisipasinya dalam mensukseskan kegiatan lomba MTQ ke- VI di Nagari Bayua. Handria juga berharap agar kegiatan ini kedepannya dapat dilaksanakan lebih maksimal, karena ada beberapa tantangan berat yang harus dihadapi dalam membentuk karakter anak saat ini. Seperti tantangan ancaman teknologi, pergaulan, narkoba, dan lainnya.

Baca Juga:  Camat Tanjung Raya Minta Pedagang-Pengunjung Pasar Pabukoan Taati Prokes

“Kepada guru-guru dan orang tua mari bersama-sama kita gembleng anak-anak kita ke arah ajaran agama Islam guna membangun karakter anak yang lebih baik. Sehingga hal ini dapat menjadi contoh bagi anak-anak lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Lomba Nasri Hidayat menyebutkan, kegiatan lomba kali ini mengangkat tema ‘Momentum Ramadhan kembangkan potensi anak nagari, wujudkan generasi yang madani’. Lomba ini diikuti sekitar 150 orang peserta dari tingkat SD, SMP dan umum. Terdapat 6 cabang perlombaan yang diikuti peserta yaitu, khutbah Jum’at, adzan, tilawah, MSQ, tartil dan fahmil.

Baca Juga:  Grebek Sahur Lakonser Peduli, Tim I Sahur di Rumah Madamwarni-Lansia 81 Tahun

“Perlombaan MTQ ini digelar dalam rangka menyemarakkan suasana bulan suci Ramadhan 1442 Hijiriah. Tujuannya adalah untuk menumbuh kembangkan generasi yang paham dengan isi kandungan Al-Qur’an. Dengan harapan nantinya mereka bisa menjadi generasi yang berprestasi dan mencintai Al-Qur’an. Sehingga dapat mewujudkan Agam Madani yang berkelanjutan,” katanya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top