Kaba Terkini

Tahun Ini, Pemnag Sungai Batang Bakal Bangun Jalan Usaha Tani di Jorong Kubu

Sungai Batang, kaba12.com — Pemerintah Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, berencana akan membangun jalan usaha tani atau jalan pertanian di wilayah Jorong Kubu sepanjang 190 meter pada tahun 2021.

Kaur Perencanaan Nagari Sungai Batang, Ade Chandra mengatakan, pembangunan jalan usaha tani itu bertujuan memudahkan masyarakat dalam mengangkut hasil tani dari lahan untuk dipasarkan. Sehingga hal ini nantinya akan menimbulkan peningkatan produktivitas hasil tani dan kebun yang dapat menambah perekonomian masyarakat.

Baca Juga:  Wabup Buka MTQ Nagari Manggopoh

Ia menyebutkan, jalan usaha tani itu nantinya dibangun menggunakan anggaran dana desa tahun 2021 sebesar Rp 272.041.000, dengan ukuran panjang 190 meter dan lebar 3 meter.

“Pengerjaan pembangunan jalan usaha tani ini direncanakan akan dimulai setelah lebaran Idul Fitri. Karena mengingat anggaran desa desa kita dicairkan oleh pusat secara bertahap,” kata Ade kepada kaba12 com, Kamis (29/4).

Ade menambahkan, pengerjaan pembangunan jalan usaha tani itu sekaligus dilangsungkan dengan pembukaan jalan untuk menuju lahan pertanian masyarakat sekitar. Dimana dalam pengerjaannya nanti, juga dilakukan pengecoran jalan.

Baca Juga:  Baru Bebas 6 Bulan,  Pedagang Ikan  Kembali Ditangkap

“Proses pengerjaannya akan kita lakukan secara swadaya masyarakat. Mudah-mudahan kegiatan fisik ini bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kawasan yang akan dibangun jalan usaha tani tersebut merupakan salah satu sentral pertanian dan perkebunan milik warga sekitar. Dimana terdapat tiga jenis hasil pertanian dan perkebunan unggulan yaitu, padi, kacang tanah, dan jagung.

Adanya pembangunan jalan usaha tani nanti, tentunya akan memudahkan masyarakat dalam mengangkut hasil panennya.

Baca Juga:  Bupati Indra Catri Ajukan Ranperda 10 Nagari Persiapan di Agam Siap Didefinitifkan

Jika pembangunan jalan tersebut telah selesai, imbuhnya, diharapkan masyarakat dapat menjaga dan memeliharanya secara swadaya.

Sementara itu, rencana pembangunan jalan usaha tani ini merupakan salah satu kegiatan fisik yang akan dilaksanakan di Nagari Sungai Batang pada tahun 2021. Ada sejumlah kegiatan yang akan dimulai pada tahun ini menggunakan anggaran dana desa, diantaranya pembangunan jalan pemukiman warga, jalan usaha tani, irigasi, dan pembangunan sarana air bersih.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top