Kaba Pemko Bukittinggi

Pemko Bukittinggi Pertahankan Nilai BB Untuk SAKIP 2020

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah Kota Bukittinggi berhasil mempertahankan nilai BB untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan nilai B untuk Pelaksanaan Reformasi Birokrasi tahun 2020.

Hasil itu diumumkan pada acara penyerahan hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah dan hasil Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi pada Kamis (29/04) secara virtual dari Jakarta.

Baca Juga:  Rotasi Berlanjut, Walikota : Jangan Dipolitisir

Ini merupakan keberhasilan Pemko Bukittinggi mempertahankan nilai BB tersebut tiga tahun berturut-turut.

Selain Bukittinggi, terdapat dua kota di Sumbar yang juga meraih nilai BB, yaitu Kota Padang dan Kota Payakumbuh.

Penilaian tersebut menunjukkan efektivitas dan efesiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi serta penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil pada Pemko Bukittinggi telah menunjukkan hasil yang sangat baik.

Baca Juga:  Sambut Lebaran, Petugas Lapangan Harus Kerja Ekstra

Tujuan evaluasi ini, untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban aras hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented goverment) serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, sangat bangga atas hasil itu. Nilai BB ini menunjukkan kerja keras SKPD dan aparatur dalam bekerja ditahun 2020.

Baca Juga:  Target Raih APE, Pemko Bukittinggi Dinilai Pusat

“Walaupun dalam masa pandemi Covid-19 dan adanya recofusing anggaran,” ujarnya.

Kedepan, Erman Safar berharap kerja keras itu dapat dipertahankan, sehingga nilai BB pada sakip ini dapat beranjak naik menjadi nilai A.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top