Kaba Pemko Bukittinggi

150 Mustahiq Kecamatan Guguak Panjang Terima Bantuan Konsumtif Baznas Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — Pertengahan Ramadhan 1422 Hijiriah 2021 Masehi ini, Badan Amzil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi mulai menyerahkan zakat bidang kemanusiaan. Untuk pertama, zakat diserahkan kepada 150 mustahiq di kecamatan Guguak Panjang, di Masjid Jami’ Tarok, Selasa (27/04).

Penyerahan bantuan bidang kemanusiaan melalui program Bukittinggi Peduli ini, diserahkan secara simbolis oleh Baznas bersama Pemerintah Kota Bukittinggi, Kepala Kantor Kementrian Agama Bukittinggi, Camat Guguak Panjang, seluruh Lurah di Kecamatan Guguak Panjang.

Ketua Baznas Bukittinggi, Masdiwar, menjelaskan, penyaluran zakat kali ini merupakan salah satu program Baznas bidang kemanusiaan Bukittinggi Peduli. Data mustahiq yang mendapatkan rezeki kali ini didapat dari pihak kecamatan dan kelurahan.

“Data kita minta melalui pihak kecamatan dan kelurahan. Terima kasih kepada pihak kecamatan yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan terlaksana dengan baik. Bantuan ini memang tidak terlalu banyak, dibandingkan dengan kondisi sekarang. Namun bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para mustahiq,” jelasnya.

Baca Juga:  Persiapan Lokasi Finish Rampung

Bantuan konsumtif bidang kemanusiaan hari ini, diserahkan kepada 150 kecamatan Guguak Panjang. Zakat diserahkan sebanyak Rp 400 ribu per KK dengan total Rp 60 juta.

“Terima kasih kepada muzakki yang telah menunaikan zakat melalui Baznas. Semoga kedepan semakin banyak muzakki yang menyalurkan zakatnya melalui Baznas Bukittinggi dan zakat yang diserahkan pun diberkahi Allah SWT,” ungkapnya.

Kakan Kemenag Bukittinggi, Kasmir, menyampaikan, penerima zakat merupakan orang terpilih dan sesuai dengan aturan agama. Penerima zakat itu harus masuk asnaf yang delapan.

Baca Juga:  Pemnag Canduang Koto Laweh Salurkan Bantuan Untuk Posyandu

“Kita apresiasi kinerja Baznas dan semoga pada mustahiq terbantu dengan zakat yang diberikan. Kami juga himbau agar bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan utama. Selain itu, kami juga ikut himbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bagian Kesra Setdako Bukittinggi, Afrinal DT. Maruhun, mengapresiasi gerak cepat Baznas Bukittinggi. Banyak program yang diluncurkan untuk membantu masyarakat melalui zakat. Apalagi saat ini, dalam bulan suci Ramadhan dan akan memasuki Hari Raya Idul Fitri.

“Jangan nilai bantuan dari jumlahnya. Tapi lihat dari keberkahannya. Semoga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok, apalagi kita dalam masa pandemi ini,” pungkasnya.

Camat Guguak Panjang, Syanji Faredi, menyampaikan, penerima zakat telah dijaring dan ditinjau ke lapangan. Untuk kecamatan Guguak Panjang, terdata 514 KK yang tergolong kurang mampu. Namun, untuk bantuan dari Baznas ini, hanya bisa diberikan untuk 150 KK.

Baca Juga:  Tahun 2019, Distan Agam Bagikan 68,7 Ton Benih Padi

“Terima kasih kepada Baznas. Bagi yang belum menerima, akan kita upayakan pula dengan program lainnya. Kepedulian kita bersama sangat dibutuhkan. Bagi yang menemukan warga Guguak Panjang, yang dinilai kurang mampu, diharapkan dapat dilaporkan ke piham kelurahan dan kecamatan,” ujar Syanji.

Selanjutnya, Baznas Bukittinggi juga tengah menjadwalkan penyerahan zakat untuk mustahiq di kecamatan ABTB yang akan dilaksanakan di Masjid Jami’ Aur Kuning. Sedangkan penyerahan zakat untuk mustahiq di kecamatan MKS, akan diserahkan di Masjid Nurul Wathan.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top